News Video

Masjid Lama Gang Bengkok Miliki Arsitektur dari Empat Budaya

Masjid Lama Gang Bengkok merupakan masjid tertua kedua yang dibangun di Kota Medan setelah Masjid Al Osmani yang berada di Medan Labuhan

Masjid Lama Gang Bengkok Miliki Arsitektur dari Empat Budaya
Tribun Medan/Arjuna
Masjid Lama Gang Bengkok di Jalan Mesjid, Kelurahan Kesawan, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Masjid Lama Gang Bengkok merupakan masjid tertua kedua yang dibangun di Kota Medan setelah Masjid Al Osmani yang berada di Medan Labuhan.

Terletak di Jalan Mesjid Kesawan, masjid tersebut memiliki beberapa keunikan seperti pada arsitekturnya yang mengadopsi empat budaya yaitu Tionghoa, Melayu, Persia dan juga Eropa.

"Budaya Tionghoa dapat terlihat pada bagian atas masjid yang bentuknya seperti ornamen-ornamen etnik Tionghoa dan bentuk bagian atap masjid yang melengkung mirip di kelenteng," ujar Anggota Pengurus Masjid Lama Gang Bengkok, Nasrun Tanjung kepada Tribun, Jumat (17/5/2019).

Ia menjelaskan, kemudian yang menunjukkan ciri khas etnis Tionghoa juga terlihat pada tiang-tiang penyangga yang berada di dalam masjid tersebut.

"Tiang-tiang yang ada di masjid ini sepintas memang mirip seperti tiang yang ada di kelenteng dam ada empat tiang merupakan tiang yang dibuat oleh Tjong Afie yang bentuknya juga sama seperti yang ada di rumah Tjong Afie," jelasnya.

Tonton videonya;

Ayo subscribe channel YouTube Tribun MedanTV

6 Masjid Tua dan Bersejarah di Kota Medan, Berdiri Kokoh dan Megah di Usia Ratusan Tahun

Napi Narkotika yang Kabur Diminta Kembali, Dijamin Tidak akan Ada Kekerasan

Pengamat: Anggota Dewan Bolos Ngantor karena Malu Tidak Lolos

Pria yang juga imam Masjid Lama Gang Bengkok tersebut menerangkan budaya Melayu pada masjid tersebut bisa dilihat warna cat dan beberapa bagian yang memang ciri khas Melayu.

"Namun untuk keseluruhan arsitertur tersebut, memang budaya Melayu yang terlihat menonjol di Masjid Lama Gang Bengkok ini karena didominasi dengan warna-warna khas Melayu yaitu kuning dan hijau," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sementara untuk Persia dan Eropa bisa terlihat dari bentuk bangunan baik di bagian luar maupun di bagian dalam.

Halaman
12
Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved