Bank Sumut Siap Jalankan Nota Dinas, Lakukan Pembayaran Gaji ASN di Tanggal 1

PT Bank Sumut khususnya cabang koordinator Medan, siap menjalankan nota dinas dari kementerian keuangan untuk pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara

Bank Sumut Siap Jalankan Nota Dinas, Lakukan Pembayaran Gaji ASN di Tanggal 1
Tribun Medan/HO
Pemimpin Cabang Koordinator Medan Bank Sumut, Julian Helmi saat menjelaskan terkait nota dinas dari kementerian keuangan yang dihadiri perwakilan para bendahara dari Pemprov Sumut. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

 
MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - PT Bank Sumut khususnya cabang koordinator Medan, siap menjalankan nota dinas dari kementerian keuangan untuk pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan di tanggal 1 setiap bulannya.

Pemimpin Cabang Koordinator Medan Bank Sumut, Julian Helmi, mengatakan Bank Sumut, khususnya cabang koordinator Medan yang menjadi cabang pelaksana pembayaran gaji ASN di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Bukti kesiapan Bank Sumut, bahkan sudah bertahap menerapkan hal tersebut sejak bulan Februari 2018. Karena Bank Sumut sudah berkoordinasi dengan kementerian keuangan pada saat itu,” ujarnya kepada Tribun, Senin (20/5/2019).

Ia menjelaskan, pelaksanaan secara bertahap tersebut dilakukan sebagai salah satu wujub dari Bank Sumut untuk menaikan pelayanan kepada ASN. Tentunya akan lebih ada kepastian, jam 00.01 WIB gaji sudah masuk ke rekening ASN dan pemberitahuan SMS akan diterima satu atau dua menit sebelumnya.

“Imbauan Bank Sumut karena hal tersebut sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat, rasanya perlulah didukung oleh pihak terkait terutama pemerintah daerah dan kabupaten kota yang ada di Sumut,” jelasnya.

Ia menuturkan, hal tersebut agar ASN di Sumut mulai tanggal 1 Juni nanti sudah ada kepastian menerima gaji. Dan yang sudah mendapatkan komitmen adalah Kabupaten Pakpak Barat dan sudah dilakukan pembahasan bersama sekda dan perangkat SKPD.

“Yang harus disiapkan daerah terhadap nota dinas tersebut adalah bahwa daftar gaji dan uang sudah ready sebelum akhir bulan. Karena sistem kita sudah mampu menjalankan hal tersebut dan prosesnya juga lebih sederhana,” tuturnya.

Ia menerangkan, sebagai ilustrasi jika di bulan Juni ini memakai Peraturan No 45 tahun 2013, paling cepat tanggal 10 baru gajian. Namun jika memakai nota dinas tersebut, walau tanggal 1 jatuh di hari Sabtu tetapi tetap sudah gajian.

“Bayangkan jika dia memiliki anak di luar kota atau memiliki kewajiban-kewajiban yang harus diselesaikan diawal bulan dan baru gajian tanggal 10, maka seperti apa jadinya,” terangnya.

Ia mengatakan, Bank Sumut sebagai bank penyelenggara pembayaran gaji ASN se Sumut siap menjalankan nota dinas tersebut dengan bukti kesiapan yaitu untuk gaji ASN Pemprov Sumut yang sudah dijalankan bertahap.

“Di bulan Juni ini akan disusul dengan ASN di Pakpak Barat dan kemudian Pemko Medan sedang proses dan sedang disusun agar bisa segera dijalankan,” katanya. (pra/medan.tribunnews.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Ryan Nur Harahap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved