Berkah Ramadan, Raja Bisa Jual 700 Batang Pakkat per Hari

Kalau hari biasa enggak terlalu banyak yang beli. Tapi kalau lagi bulan puasa seperti ini kami bisa jual 600 hingga 700 batang pakkat.

Berkah Ramadan, Raja Bisa Jual 700 Batang Pakkat per Hari
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Raja Hasibuan berjualan pakkat di depan SD 100 Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (20/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Musim lebaran seperti ini berbagai penjual makanan unik bermunculan, salah satunya Pakkat. Anda bisa menemui makanan khas Tapanuli Selatan ini di sekitar Jalan Sisingamangaraja.

Salah satunya Raja Hasibuan, ia berjualan Pakkat tepat di depan SD 100 Medan. Raja baru akan berjualan jika bulan ramadan tiba.

"Kalau hari biasa enggak terlalu banyak yang beli. Tapi kalau lagi bulan puasa seperti ini kami bisa jual 600 hingga 700 batang pakkat dalam satu hari," kata Raja.

Pakkat merupakan pucuk rotan yang masih muda kemudian dibakar. Raja membakar batang rotan 15 sampai 20 menit atau hingga kulit terluar batang rotan ini bisa lepas.

Setelah itu barulah dibersihkan. Kulit bagian luar pakkat dikupas dengan pisau hingga dagingnya yang berwarna putih kelihatan. Daging pakkat inilah yang akan dikonsumsi.

"Rasa pakkat ini pahit kelat. Orang biasanya suka makan pakkat dilalap seperti makan sayur lalu dicampur sambal," ujar Raja.

Batang-batang rotan yang masih muda ini dipesan dari Kota Pinang. Raja sudah mulai berjualan pada pukul 14.00 WIB namun pengunjung baru akan ramai pada pukul 17.00 WIB.

"Kalau sudah jelang berbuka sekitar jam 17.30 WIB, biasanya dagangan saya sudah habis. Jumlah yang di stok juga enggak tentu karena tergantung pasokan bahan bakunya," jelas Raja.

Seorang penikmat pakkat, Dahlia mengatakan selain enak, pakkat bisa menjaga stamina saat berpuasa.

"Kalau di rumah saya setiap berbuka pasti ada pakkat. Karena kalau makan berbuka ada pakkat, bisa menambah selera makan. Kalau kata orang tua saya ini juga membuat stamina jadi bagus," kata Dahlia.

Satu batang pakkat dijual dengan harga Rp 2500. Selain menjual pakkat, Raja juga menjual ikan bakar.

"Kita pakai semua jenis, ada ikan nila, ikan mas. Sambalnya kita pakai cabai merah, bawang, dan jeruk nipis," katanya.

Satu ekor ikan bakar ini dijual mulai harga Rp 30 ribu. Harga ikan bakar ini bervariasi tergantung ukuran ikannya.

(cr18/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved