Dua Kapal Perang Australia Berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Ini Foto-fotonya

Dua kapal Angkatan Laut Australia berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019).

Dua Kapal Perang Australia Berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Ini Foto-fotonya
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Dua kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra dan HMAS New Castle berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019). Kapal HMAS Canberra dan HMAS New Castle berlabuh untuk program Indo-Pacific Endeavour 2019 dengan pengerahan empat kapal selama 3 bulan ke 7 negara dengan misi keamanan, saling pengertian, dan perdamaian. 

TRIBUN-MEDAN.com - Dua kapal Angkatan Laut Australia berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019).

Dua kapal tersebut adalah HMAS Canberra dan HMAS New Castle. Keduanya membawa serta sejumlah Angkatan Laut Australia yang tiba di Indonesia untuk mempererat kerjasama kedua negara, dan mendukung keamanan wilayah terutama di wilayah Laut Cina Selatan.

"Kita (Angkatan Laut Australia dan Indonesia) adalah dari sekian banyak angkatan laut yang terkuat di wilayah ini. Maka kita berlatih bersama dalam berbagai hal terkait keamanan maritim, khususnya soal penanggulangan ancaman penyelundupan," ujar Kepala Staf Angkatan Laut Australia Laksamana Madya Michael Noonan.

Michael menambahkan hubungan baik antara Angkatan Laut Australia dan Indonesia sudah berjalan sejak lama. Menurutnya penting untuk saling bertukar wawasan terutama di dalam kapal HMAS Canberra.

"Kami mampir kesini dalam program Indo-Pacific Endeavour 2019 dengan pengerahan empat kapal selama 3 bulan ke 7 negara dengan misi keamanan, saling pengertian, dan perdamaian. Kita juga saling bertukar pikiran, terutama di dalam kapal HMAS Canverra," tambahnya.

Sebelum berlabuh ke Indonesia, Angkatan Laut Australia melakukan perjalanan ke Vietnam dan Singapura.

Dalam perjalanan itu dua anggota TNI Angkatan Laut berkesempatan untuk ikut dalam kapal HMAS Canberra.

Keduanya adalah Perwira Senjata Bawah Air KRI RE Martadinata Letnan Satu Virnando Nevi dan kepala Departement Operasi KAL Alkura Letnan Satu Sandy Pradhina.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved