Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Langkat Ingatkan Kisah Puasa Gajah Mada untuk Persatuan Nusantara

Wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional.

Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Langkat Ingatkan Kisah Puasa Gajah Mada untuk Persatuan Nusantara
TRIBUN MEDAN/HO
Upacara Hari Kebangkitan Nasional (HKN) Ke-111. Dihadir Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, Sekdakab Langkat dr H Indra Slahudin, Ketua DPRD Langkat, unsur Forkopimda Langkat, para pimpinan OPD Pemkab Langkat, para ASN Pemkab Langkat, satuan TNI Polri, para pelajar, para Veteran, Ormas dan OKP Langkat. 

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Bupati Langkat Terbit Rencana PA memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke 111, di Alun Alun T Amir Hamzah Stabat, Langkat, Senin (20/5/2019).

Bupati menyampaikan pidato sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, bahwa peringatan HKN dimaknai dengan teks Sumpah Palapa Mahapati Gajah Mada

"Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional, untuk mengikatkan semua wilayah Indonesia," jelasnya. 

"Inti dari Sumpah Palapa adalah Maha Pati tidak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan nusantara," sebutnya. 

Bupati meperingatkan bahwa HKN juga dilangsungkan dalam suasana Ramadan. Bagi umat Muslim bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala, dengan meninggalkan perbuatan yang dilarang agama, seperti permusuhan dan kebencian termasuk menyebar kebohongan dan fitnah.

"Momentum HKN ini agar pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Maha Patih Gajah Mada mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar," ujarnya. 

Bupati mengajak semua masyarakat yang berada dalam situasi pasca Pemilu yang telah menguras energi dan emosi diniatkan untuk kebaikan bangsa. Terbit minta semua masyarakat bisa aman dan damai menyikapi pemilu yang terjadi banyak perdebatan. 

"Mari bersabar menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi, yang akan diumumkan oleh lembaga (KPU). Ikuti apa yang ditunjuk oleh UU dalam waktu yang tak lama lagi. Peringatan HKN ini, mari kita sematkan tema Bangkit Untuk Bersatu," seru Bupati. 

Peringatan HKN, sebagai komandan upacara Pama Yonif Raider/PS Kapten Inf Supriadi, Perwira upacara Pasi Op Kodim 0203/Lkt Kapten Inf Imran Hamdani, pembaca pembukaan UUD negara RI 1945 staf Dispora Langkat Johanuddin, pembawa acara staf protokol Pemkab Langkat, pengibar bendera merah putih oleh Purna Paskibra Langkat, panduan suara Korpri Pemkab Langkat, gendering sangkakala oleh Korsik Kodim 0203/Lkt, dan pembanca doa Kakan Kemenag Langkat.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved