Museum Perjuangan TNI Miliki Koleksi Bendera Merah Putih Pertama yang Dikibarkan di Kota Medan

Museum tersebut diresmikan pada tanggal 21 Juni 1971, di KH. Zainul Arifin No.8, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan

Museum Perjuangan TNI Miliki Koleksi Bendera Merah Putih Pertama yang Dikibarkan di Kota Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Museum Perjuangan TNI Miliki Koleksi Bendera Merah Putih Pertama yang Dikibarkan di Kota Medan. Pemandu Museum Perjuangan TNI, Sersan Satu (Sertu) Jasiaman Sinaga,di Museum Perjuangan TNI, KH. Zainul Arifin No.8, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, hari Senin, (20/05/2019). 

Museum Perjuangan TNI Miliki Koleksi Bendera Merah Putih Pertama yang Dikibarkan di Kota Medan

TRIBUN-MEDAN.com-Pemandu Museum Perjuangan TNI, Sersan Satu (Sertu) Jasiaman Sinaga, mengatakan bahwa pengagas berdirinya Museum Perjuangan TNI Kota Medan ialah Kolonel E.W.P Tambunan.

Museum tersebut diresmikan pada tanggal 21 Juni 1971, di KH. Zainul Arifin No.8, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, hari Senin, (20/5/2019).

Jasiaman menjelaskan latar belakang gedung yang dijadikan Museum Perjuangan TNI Kota Medan, karena Kolonel E.W.P Tambunan menganggap gedung tersebut memiliki nilai dan edukasi tentang sejarah Indonesia, serta terkhusus sejarah Kota Medan.

"Latar belakangnya karena gedung ini memiliki nilai sejarah dan edukasi tentang sejarah Kota Medan. Kemudian pada masa itu tempat ini selalu direbut oleh penjajah, seperti Belanda, Jepang, Inggris serta pasukan sekutu lah. Jadi sudah memeiliki nilai sejarah seperti itu, alangkah baiknya diteruskan menjadi Museum agar generasi bangsa mengetahui sejarah bangsanya. Itulah ide dari seorang Kolonel E.W.P Tambunan," tuturnya.

Dalam hal ini, Jasiaman menjelaskan bahwa gedung ini berdiri tahun 1928 dan sekarang gedungnya sudah berusia 91 tahun.

Lalu, Ia mengatakan bahwa gedung ini sudah ada yang direnovasi yaitu hanya lantainya saja. Namun, untuk pondasi dan dinding belum pernah direnovasi karena menjaga nilai sejarah di masa sekarang.

 

PRESIDEN RI Ketiga BJ Habibie Wanti-wanti Masyarakat Indonesia Seluruhnya Jelang Momentum 22 Mei

Kawanan Gajah Serang Perkampungan dan Bunuh Manusia demi Melindungi Bayi Gajah yang Dilempari Warga

LIEUS SUNGKHARISMA Tunjukkan Tangannya Diborgol: Ditahan ya Enggak Masalah Saya Ikuti Saja

Salonpas® Dorong Anak Muda Aktif Melalui Gerakan Rekatkan Kehangatan

Selanjutnya, Jasaiman mengatakan dahulunya gedung Museum tersebut dipakai Belanda untuk kantor asuransi jiwa pada Pemerintahan Belanda.

Lalu, direbut Indonesia pada zaman kemerdekaan, dan gedung Museum tersebut digunakan negara Indonesia untuk kantor Asuransi Jiwasraya.

"Transisinya dari Jiwasraya menjadi Museum itu di tahun 1971, sampai sekarang menjadi gedung Museum Perjuangan TNI," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved