Kantor Pos Besar Medan bekas Kantor Jawatan Belanda

Kantor Pos Besar Medan merupakan kantor Pos utama di Kota Medan yang dibangun semenjak tahun 1909 dan selesai pada tahun 1911.

Kantor Pos Besar Medan bekas Kantor Jawatan Belanda
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Kantor Pos Besar Medan 

TRIBUN-MEDAN.com-Kantor Pos Besar Medan merupakan kantor pos utama di Kota Medan yang dibangun semenjak tahun 1909 dan selesai pada tahun 1911.

Kantor Pos Besar Medan dibangun oleh arsitek dari Belanda yaitu Ir. Simon Snuyf, hari Rabu (22/5/2019).

Kantor Pos Besar Medan memang suatu bangunan baru yang dipergunakan sebagai kantor Jawatan Kolonial Belanda pada saat masa penjajahan Kolonial Belanda. Dengan tujuan memperlancar arus surat menyurat pada masa Kolonial Belanda.

Kantor Pos Besar Medan merupakan bekas dari Kantor Jawatan Kolonial Belanda pada saat itu, dan peninggalan masa kolonial Belanda masih ada di Kantor Pos Besar Medan ini. Sampai saat ini juga Kantor Pos Medan Belum pernah kita renovasi melainkan lantainya saja.

Dahulu di depan Kantor Pos Besar Medan terdapat air mancur yang didedikasikan pada salah seorang pionir kota Medan modern, Jacob Nienhuys tetapi sekarang tidak ada.

Masih bisa dilihat peninggalannya seperti gedung, pintu besi yang pakai katrol, berangkas, serta cap prangko, kemudian lampu-lampu hias yang masih berfungsi serta lainnya.

Karena Kantor Pos Besar Medan ini juga merupakan ikon kota Medan. Bangunan yang didominasi dengan warna putih dan oranye, yang merupakan identitas Pos Indonesia ini memiliki bentuk kubah yang unik.

Jendela-jendela yang terletak pada sisi-sisi bangunan berbentuk setengah lingkaran, dengan tiang putih yang menyangganya, membuat bangunan tersebut terlihat seperti kandang burung merpati pos yang dahulunya dimanfaatkan sebagai sarana berkirim surat.

Kantor Pos Besar Medan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang hingga kini masih berdiri kokoh di Medan dan mempertahankan fungsinya hingga saat ini.

Lalu, arsitekturnya dengan gaya arsitektur Belanda yang masih kental, mirip dengan gaya arsitektur jembatan Titi Gantung di dekat stasiun, dan memang dipertahankan hingga sekarang.

Kalau bangunan Kantor Pos Besar Medan ini memiliki luas 1200 meter persegi, dengan tinggi mencapai 20 meter yang terletak di pusat kota Medan, tepatnya di seberang Lapangan Merdeka.

Kantor Pos Besar Medan masih mempertahankan seperti pelayanan Kartu ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri, Natal, Hari Imlek, dan ucapan selamat hari besar keagamaan lainnya. Namun, di dalam hal ini juga Kantor Pos Besar Medan telah menawarkan perangko PRISMA.

Seperti pengertian prangko PRISMA yaitu dengan bahasa yang lebih sederhana, bisa dikatakan PRISMA ialah PRangko IdentitaS Milik Anda yaitu Prangko yang menampilkan foto wajah atau identitas lain (tanda-tangan, logo, slogan, merk, dan linnya) sesuai permintaan pada tab (label) prangko, inilah "personalized stamp" Indonesia namanya.. (cr22/tribun-medan.com)

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved