Ini Kata Kemenhub Soal Harga Tiket Kereta Sama dengan Harga Tiket Pesawat

Beredar kabar tiket kereta Jakarta-Surabaya dan tiket pesawat Garuda Indonesia dengan tujuan yang sama berada di kisaran Rp 1,5 juta-Rp 1,6 juta.

Ini Kata Kemenhub Soal Harga Tiket Kereta Sama dengan Harga Tiket Pesawat
KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA
Para porter, petugas keamanan, serta sejumlah pegawai PT KAI di Stasiun Senen, memberikan penghormatan kepada para penumpang yang berangkat menggunakan kereta api dari Stasiun Senen. Tampak, sesaat sebelum kereta berangkat, para porter hingga pegawai PT KAI berdiri sejajar sambil meletatakan tangan di dada. Saat kereta mulai melaju, dengan kompak mereka menundukan kepala hingga kereta meninggalkan stasiun, Senin (11/6/2018). 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA — Belakangan beredar kabar tiket kereta Jakarta-Surabaya dan tiket pesawat Garuda Indonesia dengan tujuan yang sama berada di kisaran Rp 1,5 juta-Rp 1,6 juta.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri membenarkan adanya tiket kereta seharga tiket pesawat. Namun, tiket kereta itu untuk prioritas lain.

"Saya sudah konfirmasi ke Direktur Utama PT KAI, tiket kereta yang kisaran Rp 1,5 juta itu yang sleeper, yang prioritas bisa tidur. Itu pun kapasitasnya enggak banyak. Memang segmennya lain," kata Zulfikri di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Adapun harga tiket kereta kelas ekonomi dan eksekutif rute Jakarta-Surabaya di bulan Ramadhan hingga Lebaran tahun ini tak ada perbedaan dengan tahun lalu.

Baca: Harga Tiket Pesawat Diminta Kembali Murah, Begini Respons Menhub Budi Karya Sumadi

Baca: Penjualan Tiket Kereta Api untuk Libur Lebaran di Sumut Meningkat

"Tidak ada kenaikan harga tiket dari tahun lalu," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Edy Kuswoyo kepada Kompas.com baru-baru ini.

Di sisi lain terkait harga tiket, Zulfikri mengatakan pihaknya akan mengkaji lebih lanjut penetapan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) untuk kereta api diperlukan atau tidak.

"Kami lagi kaji. Pertimbangannya adalah melindungi konsumen dan penyedia jasa. Secepatnya kalau bisa kami kaji," kata Zulfikri.

"Selama ini tiket kereta api masih stabil, kami lagi kaji aturan TBA TBB untuk KA diperlukan atau tidak," katanya. (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Tiket Kereta Sama dengan Harga Tiket Pesawat, Ini Kata Kemenhub."

Editor: Liston Damanik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved