Ada 19 Sengketa Sesama Caleg di Internal Partai Golkar, Begini Mekanisme Penyelesaiannya

Bila sengketa tersebut tak selesai di Mahkamah Partai maka akan diteruskan penyelesaiannya pada Mahkamah Kosntitusi.

Ada 19 Sengketa Sesama Caleg di Internal Partai Golkar, Begini Mekanisme Penyelesaiannya
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY SIREGAR
Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ahmad Doli Kurnia Tandjung. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pasca penyelenggaraan pemilu serentak 2019 lalu, Partai Golkar mencatat, pada tingkat nasional, ada 19 kasus sengketa pemilu. 

Kasus tersebut terjadi antar caleg di dalam partai dari berbagai tingkatan pemilihan.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sumut, Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Terkait penyelesaiannya, lanjut Doli Partai Golkar menerapkan mekanisme sesuai tingkatan di mana kasus tersebut terjadi.

"Bila sengketa terjadi di antara Caleg Tingkat II maka diselesaikan di jajaran DPD Kabupaten/Kota. Namun bila tidak selesai maka berujung pengkajian di Mahkamah Partai," ujarnya, Minggu (26/5/2019).

Dikatakan Doli, bila sengketa tersebut tak selesai di Mahkamah Partai maka akan diteruskan penyelesaiannya pada Mahkamah Kosntitusi.

Doli menjelaskan, dari 19 sengketa kasus internal sesama caleg tersebut, 11 di antaranya diselesaikan di Mahkamah Konstitusi dan sisanya dituntaskan di Mahkamah Partai.

"Dari 11 kasus sengketa pemilu itu yang berasal dari Sumatera Utara ada tiga di tingkat Kabupaten/Kota, yaitu Tapteng, Deliserdang dan Sibolga. Kemudian untuk DPR RI ada satu sengketa di Dapil Sumut II," katanya.

Sementara itu selain sengketa internal, menurut Doli Partai Golkar juga mencatat adanya sembilan gugatan ke Mahkamah Konstitusi terhadap partai-partai lain.

"Ada sembilan gugatan Partai Golkar ke partai-partai lain melalui Mahkamah Konstitusi," pungkasnya.

(gov/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved