HOAKS, Gambar Jokowi di Media Asing ‘Tangan Berdarah’ dan ‘A New Hopeless’ Terkait Rusuh 22 Mei

Ada tiga gambar media asing yang beredar luas di medsos, yakni satu gambar terbitan Amerika Serikat, dan dua lainnya terbitan Australia.

HOAKS, Gambar Jokowi di Media Asing ‘Tangan Berdarah’ dan ‘A New  Hopeless’ Terkait Rusuh 22 Mei
Photograph by Adam Fergusaon for TIME
Cover Majalah TIME yang asli (kiri) dan yang hoaks (kanan) 

TRIBUN MEDAN.com - Fenomena hoaks di jagat dunia maya, terutama media sosial, terus bergulir kencang. Terbaru, muncul kehebohan tentang foto atau gambar Presiden Jokowi di sejumlah media asing.

Heboh foto atau gambar Presiden Jokowi beberapa hari belakangan, terkait reaksi media di luar negeri atas sikap pemerintah melakukan penanganan aksi demonstrasi aksi 22 Mei 2019 oleh pemerintah.

Ada tiga gambar media asing yang beredar luas di medsos, yakni satu gambar terbitan Amerika Serikat, dan dua lainnya terbitan Australia.

Ketiga media asing tersebut pada intinya "menyerang" calon presiden 01 Joko Widodo alias Jokowi.

Baca: Rekam Jejak Bambang Widjojanto, Segudang Prestasi hingga Pendiri KontraS dan ICW

Baca: Luhut Binsar Pandjaitan Khawatirkan Nama Prabowo Rusak: Jangan Kalian Jerumuskan Pak Prabowo

Baca: Pria 25 Tahun Terjatuh dari Lantai 4 Mega Mall Pontianak dan Hantam Mobil, Begini Kondisinya

Gambar yang disebarkan media tersebut antara lain halaman muka koran The Courier-Mail Australia, halaman muka koran Herald Sun Australia dan juga Majalah TIME dari Amerika Serikat.

Unggahan terkait halaman muka koran The Courier-Mail dari Australia, mengilustrasikan foto Presiden Joko Widodo dengan tangan yang berlumuran darah.

Dalam unggahan tersebut dinarasikan reaksi media Australia tersebut berkaitan dengan penanganan aksi demonstrasi pada 22 Mei 2019.

The Courier-Mail Australia mengilustrasikan gambar Jokowi dengan tangan berlumuran darah pada edisi 29 April 2015 sebagai reaksi atas keputusan pemerintah Indonesia untuk menghukum mati warga Australia terkait kasus narkotika. Gambar itu kini beredar luas di medsos dengan narasi hoaks yakni terkait pengamanan aksi 22 Mei 2019.
The Courier-Mail Australia mengilustrasikan gambar Jokowi dengan tangan berlumuran darah pada edisi 29 April 2015 sebagai reaksi atas keputusan pemerintah Indonesia untuk menghukum mati warga Australia terkait kasus narkotika. Gambar itu kini beredar luas di medsos dengan narasi hoaks yakni terkait pengamanan aksi 22 Mei 2019. (Screenshoot)

Sementara unggahan yang menggunakan cover depan koran Herald Sun menggambarkan sketsa wajah Presiden Joko Widodo dengan judul "Portrait of a Killer", juga dinarasikan dalam unggahan itu terkait dengan timbulnya korban meninggal dalam aksi demonstrasi di depan Bawaslu RI pada 22 Mei 2019 tersebut.

Unggahan gambar terakhir adalah cover majalah TIME yang memuat foto Presiden Joko Widodo dengan tulisan "A New Hopeless".

Klaim: Sejumlah media luar negeri memberikan reaksi negatif atas pemerintahan Presiden Joko Widodo terutama setelah terjadi aksi demonstrasi 22 Mei 2019

Halaman
1234
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved