Jelang Mudik Lebaran, Pemesanan Tiket Pesawat Diprediksi Menurun

Sriwijaya Air menyiapkan tiga rute penerbangan baru sekaligus, yakni rute Makassar – Tobelo PP, Medan – Surabaya PP, serta Manado

Jelang Mudik Lebaran, Pemesanan Tiket Pesawat Diprediksi Menurun
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
President Director Sriwijaya Air, Joseph Adriaan Saul, rata-rata harga tiket Sriwijaya Air dari Kota Medan ke Surabaya senilai Rp 2,286,000 dan Medan ke Bali hanya Rp 2,5 juta. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN-
Menjelang Lebaran, masyarakat berbondong-bondong mencari tiket transportasi untuk mudik Lebaran. Tak heran jika banyak yang sudah memesan jauh-jauh hari sebelum masuk bulan Ramadan.

Sambut momen Hari Raya Idulfitri 1440 dan mudik Lebaran, Sriwijaya Air menyiapkan tiga rute penerbangan baru sekaligus, yakni rute Makassar – Tobelo PP, Medan – Surabaya PP, serta Manado - Jakarta PP.

Sriwijaya Air rute Makassar – Tobelo resmi memulai penerbangan perdana pada 23 Mei 2019. Sementara rute penerbangan Medan- Surabaya PP pada 27 Mei 2019, dan rute penerbangan Manado - Jakarta PP akan resmi beroperasi mulai 30 Mei 2019.

President Director Sriwijaya Air, Joseph Adriaan Saul mengatakan
pembukaan tiga rute baru ini menjadi jawaban atas permintaan penerbangan langsung dari masyarakat di tiap kota yang akan diterbangi oleh Sriwijaya Air tersebut.

Dengan demikian, layanan ini akan memberikan opsi penerbangan yang lebih efisien dari sisi waktu serta memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan Sriwijaya Air.

"Pesawat Medan ke Surabaya itu cuma sebanyak 123 seat. Selain ke Surabaya, penumpang juga bisa melanjutkan perjalanan ke Bali. Penumpang kita bukan hanya Medan-Surabaya saja tapi ada juga Medan-Bali via Surabaya. Jadi
ada dua pasar kita, Medan ke Surabaya dan Medan ke Bali," ujar
Joseph di Hotel Santika Dyandra Medan, Minggu (26/5/2019).

Ia mengatakan untuk Kota Medan, Sriwijaya Air memiliki beberapa rute penerbangan diantarnya Jakarta, Penang, Padang, dan Surabaya. "Penumpang kita yang paling banyak itu dari Medan ke Jakarta dan Medan ke Penang," katanya.

Terkait harga tiket Sriwijaya Air, kata Joseph, rata-rata harga tiket Sriwijaya Air dari Kota Medan ke Surabaya senilai Rp 2,286,000 dan Medan ke Bali hanya Rp 2,5 juta.

"Harga tiket tinggi itu tergantung
supply dan demand, sekarang ini yang jadi problem, kita lagi big season tapi harga tiket turun 15 persen. Jujur saja, tidak ada extra flight untuk itu," ungkapnya.

Joseph mengatakan persiapan Sriwijaya dalam Lebaran ini, pihaknya mengoptimalkan penerbangan yang sudah ada. "Jadi tidak ada extra flight, sebab harga tiket sudah turun 15 persen. Kita memaksimalkan yang ada," ujarnya.

Prediksi pemesanan tiket lebaran kata Joseph, pemesanan tiket agak menurun sekitar 5 hingga 10 persen karena infrastruktur jalan yang semakin bagus.

"Kalau di Jawa, sudah banyak jalan tol. Di Sumatera mau pulang ke Padang mungkin sudah naik mobil," ujarnya.

Ia mengatakan Kedepannya, Sriwijaya Air akan membuka rute Medan ke Kuala Lumpur, kemungkinan di akhir tahun ini.

"Saya berharap kita bisa saling bekerjasama berkorporasi antar semua stakeholder supaya bisnis bisa terus berkembang dan tidak 'saling membunuh'," kata Joseph.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved