Mudik, H-7 hingga H+7 Lebaran Diprediksi Tarif Bus Naik 20 Persen

Tarif harga tiket bus ada kenaikan H-7 hingga H+7 mulai tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019.

Mudik, H-7 hingga H+7 Lebaran Diprediksi Tarif Bus Naik 20 Persen
Tribun Medan/M Fadli
FOTO ILUSTRASI: MUDIK dengan Bus. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN-
Musim mudik liburan tinggal menghitung hari, bagi para calon pemudik pasti sudah memiliki rencana, transportasi apa yang dipilih untuk pulang ke kampung halaman. 

Bagi yang ingin mudik pakai bus umum, sekarang sudah dimudahkan dengan fasilitas infrastruktur tol. Dengan infrastruktur tol yang sudah baik, maka jarak tempuh bus bisa terpangkas, sehingga moda transportasi ini jadi salah satu pilihan pemudik.

Di Kota Medan, Karyawan Bus Makmur Medan, Raja mengatakan semenjak sudah ada jalan tol, jarak tempuh perjalanan bus menjadi lebih cepat dua jam dari sebelumnya.

"Sekarang jalan lumayan bagus semenjak sudah ada tol, sudah mengurangi jarak tempuh kita. Bus kita biasanya itu 13 jam tapi karena sudah ada jalan tol ke Tebing Tinggi jadi bus lebih cepat sampai, menjadi 11 jam. Ada kemudahan, semenjak sudah siap tol ini," ujar 
Raja.

Ia mengatakan saat ini kota yang paling banyak dituju masyarakat Medan menuju ke Pekan Baru dan Dumai sebab diyakini juga penumpang akan menuju Batam.

"Medan ke Pekanbaru itu yang eksklusif senilai Rp 300 ribu per orang. Kita menyediakan snack, AC, kamar mandi, lengkap dengan selimut kaki, sudah kayak di pesawat," ungkapnya.

Ia mengatakan pihaknya menyediakan kelas eksekutif, VIP, Royal, sampai kelas ekonomi. Untuk kapasitas bus yang besar, hanya diisi sejumlah 23 tempat duduk.

"Kita melayani pesan tiket via telepon tapi harus datang juga dan ambil tiket satu hari sebelum keberangkatan. Kalau tidak ambil satu hari sebelum berangkat mungkin dibatalkan," jelas Raja.

Diakui Raja, harga tiket pesawat yang mahal juga berdampak pada kenaikan tiket bus.

"Saya prediksi kenaikan pemesanan tiket itu pasti ada, apalagi tiket pesawat masih mahal. Tahun lalu saja, waktu pesawat murah, pemesanan tiket bus kita juga bertambah saat lebaran," ucapnya.

Raja mengatakan untuk tiket bus ada kenaikan tarif sebesar 20 persen.

"Tarif harga tiket bus ada kenaikan H-7 hingga H+7 mulai tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019. Harga tiket kita sesuai dengan pemerintah dari Perhubungan," katanya.

Loket Bus Makmur di Jalan Sisingamangaraja ini buka setiap Hari mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved