Jemput Cintamu di Gondang Naposo Pulau Samosir, Dimeriahkan Marsada Band dan Naff

Buat generasi millenial, festival ini menjadi sebuah tontonan menarik. Di festival ini terlihat betapa kuatnya budaya terjaga.

Jemput Cintamu di Gondang Naposo Pulau Samosir, Dimeriahkan Marsada Band dan Naff
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Pasangan muda-mudi unjuk kebolehan manortor untuk memikat hati pasangannya di Pantai Pasir Putih Tanda Rabun, Samosir, Sabtu (28/4/2018) tahun lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com-Libur akhir pekan ini di Samosir akan dimeriahkan Festival Gondang Naposo yang dimulai pada Jumat 31 Mei hingga 1 Juni 2019, di Pantai Tandarabun, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

“Festival Gondang Naposo ini sungguh unik. Bagi yang masih jomblo atau bagi yang sudah berpasangan tapi pingin mengenang indahnya masa berpacaran dulu, datang saja ke festival ini. Siapa tahu dengan ikut festival ini, bisa menemukan cinta dan pasangan hidupnya, dan bagi yang sudah berpasangan semakin menambah kemesraan di antara mereka,” kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, di Samosir, Kamis (30/5/2019).

Seperti pantauan Tribun Sabtu (28/4/2018) tahun lalu, di satu pagi yang cerah membalut suasana romantis di Pantai Pasir Putih Tanda Rabun, Samosir, pasangan muda-mudi bergembira riang 'manortor" (menari) yang hanya sepelemparan batu dari bibir Pantai Danau Toba tersebut.

Momen unik ini bukan saja dikarenakan semangat mereka menggerakkan tubuhnya. Gondang Naposo ini menjadi 'jembatan' untuk menemukan "Rokkap ni tondi"/Jodoh. Gondang Naposo merupakan satu dari sekian tradisi Batak Toba sejak jaman leluhur.

Rapidin menambahkan, Festival budaya ini memberi ruang yang lebar bagi kaula muda yang ingin memadu cintanya. Selain saling unjuk keahlian manortor, muda-mudi bisa berkenalan.

Rapidin menambahkan, khusus generasi millenial, festival ini menjadi sebuah tontonan menarik. Di festival ini terlihat betapa kuatnya budaya terjaga di kalangan anak muda masyarakat Batak.

Lomba yang berbentuk festival ini sudah ada 16 tim yang mendaftar, mereka berasal dari berbagai sanggar seni, sekolah, akademi, hingga universitas di Sumatera Utara.

“Kami apresiasi para muda-mudi di sini yang ambil bagian di Festival Gondang Naposo tahun ini yang berasal dari berbagai kalangan. Ini membuktikan betapa budaya masih terjaga dengan baik disini,” tambah Bupati Rapidin Simbolon.

Sebagai bagian dari indahnya Kawasan Danau Toba, festival ini menjadi pembuka dari rangkaian acara Horas Samosir Fiesta (HSF). Kedepannhya ada Tonggo Raja, Tor-tor Marhusip, Tor-tor Hatasopisik, Tor-tor Kreasi Toba dan malam hiburan rakyat bersama Tongam Sirait juga akan memeriahkan acara tersebut.

Melengkapi hiburan tersebut Pemkab juga menghadirkan Band Lokal hingga nasional. Ada group Marsada Band yang telah melanlang buana ke Eropa memperkenalkan lagu Batak, dan juga grup band Naff yang akan menghibur. Lalu, ada Sanga Pajimpang dan Hobasta Trio. (jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved