Mudik Lebaran, Begini Persiapan yang Dilakukan Polres Asahan

Polres Asahan dalam operasi ini juga turut mendirikan sejumlah pos di berbagai titik, seperti pos pantau, pos pengamanan dan pos pelayanan

Mudik Lebaran, Begini Persiapan yang Dilakukan Polres Asahan
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Suasana Pos Pelayanan Masyarakat di Simpang Katarina, Jalan Lintas Sumatera Kisaran pada Kamis (30/5/2019). Pos ini dapat disinggahi pemudik yang kelelahan untuk beristirahat. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Mendekati libur lebaran 1 Syawal 1440 Hijriah, Polres Asahan telah menyiagakan personelnya selama Operasi Ketupat Toba mulai 29 Mei sampai dengan 10 Juni 2019.

Selain menyiagakan ratusan personel gabungan, Polres Asahan dalam operasi ini juga turut mendirikan sejumlah pos di berbagai titik, seperti pos pantau, pos pengamanan dan pos pelayanan masyarakat yang terletak di lokasi perlintasan para pemudik untuk menuju kampung halaman masing-masing.

Kasat Lantas Polres Asahan, AKP Rusbeny menjelaskan adapun pos yang didirikan berupa dua pos pantau, tepatnya di Desa Meranti Jalinsum Medan - Rantau Prapat km 112-113 Dusun II, Desa Meranti, Kecamatan Meranti dan Pos Pantau Bedeng Bandar Pulau, di Jalan Lintas Pulau Raja - Kabupaten Tobasa Dusun II, Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

"Kami juga menyediakan pos pelayanan masyarakat di Simpang Katarina, Jalinsum Kisaran. Jadi bagi pemudik yang kelelahan dalam perjalanan bisa istirahat sejenak di pos ini, ada kamar mandi, ada minuman, disediakan gratis," kata Rusbeny, Kamis (30/5/2019).

Pada Operasi Ketupat Toba kali ini, di Kabupaten Asahan juga terdapat lima pos pengamanan (Pos Pam) yanf betada di Sentang Jalinsum Medan - Rantau Prapat Km 162-163, Kecamatan Kisaran Timur, Pos Pam di Hessa Parlompongan Jalinsum Medan -Rantau Prapat Km 172-173, Kecamatan Air Batu.

Kemudian Pos Pam Air Teluk Hessa Jalinsum Medan - Rantau Prapat Km 183-184 Kecamatan Air Batu, Pos Pam Orika Pulau Raja Jalinsum Medan - Rantau Prapat Km 203-204 Kecamatan Pulau Rakyat.

Terakhir Pos Pam Aek Ledong Jalinsum Medan - Rantau Prapat Km 216-217 Dusun IV, Desa Ledonc Barat, Kecamatan Aek Ledong, Kabupaten Asahan.

"Ada dua titik perlintasan rawan kecelakaan yang berada di wilayah perkebunan yaitu di Jalinsum Medan - Rantau Prapat Km 149-150 Perkebunan BSP, Desa Meranti karena jalan lurus hot mix pada malam hari tidak ada penerangan jalan dan Jalinsum Km 194-195 Desa Pulo Maria, Kecamatan Teluk Dalam yang kondisi jalannya tanjakan serta tidak ada penerangan jalan pada malam hari," ungkap Rusbeny.

Sementara itu Rusbeny memprediksi puncak arus mudik lebaran tahun ini yang melintasi Jalinsum di Kabupaten Asahan akan berlangsung pada H-3 atau Minggu (2/6/2019) mendatang.

"Kepada pemudik kami imbau sebelum keluar rumah menempug perjalan, perhatikan kondisi kendaraan, seperti ban, rem dan lainnya. Jangan lupa bawa surat-surat penting kendaraan. Bagi pemudik yang mengendarai roda dua, pakai helm dan jangan berboncengan lebih dari dua orang. Utamakan keselamatan. Keluarga sudah menunggu untuk berlebaran bersama," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved