Rest Area di Jalur Tol Sergai Sudah Bisa Disinggahi Pemudik, Berikut Agenda Pembangunannya Mendatang

Selain bisa untuk tempat peristirahatan sementara dan untuk tempat tidur dan lesehan juga ada tenda untuk tempat salat.

Rest Area di Jalur Tol Sergai Sudah Bisa Disinggahi Pemudik, Berikut Agenda Pembangunannya Mendatang
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Lokasi Rest Area di jalur tol Medan Tebing Tinggi yang dikelola oleh PT JMKT, Kamis (30/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pihak PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) mulai memfungsikan wilayah rest area yang berada di Km 65 jalur tol Medan Tebing Tinggi yang masuk di kawasan Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Kamis, (30/5).

Meski rest area ini masih dalam tahap pembangunan namun lokasinya saat ini sudah difungsikan. Di tempat ini pihak JMKT pun sudah mendirikan berbagai tenda-tenda.

Selain bisa untuk tempat peristirahatan sementara dan untuk tempat tidur dan lesehan juga ada tenda untuk tempat salat.

Mulai dari toilet hingga tempat untuk mengambil air wudhu juga sudah tersedia. Terlihat juga di lokasi ada minimarket yang menawarkan minuman atau makanan ringan.

Karena masih dalam tahap pembangunan lokasi rest area ini masih dipasangi seng pembatas. Tidak banyak kendaraan yang mau menurunkan kecepatannya dan singgah ke lokasi rest area ini. Meski di lokasi sudah bisa mengisi Bahan Bakar Minyak namun hanya beberapa kendaraan yang mau berhenti.

Direktur Tehnik JMKT, Agus Choliq mengatakan rest area di Km 65 ini mereka targetkan selesai pada akhir tahun 2019. Disebut untuk saat ini ada dua rest area yang ingin mereka bangun baik di sisi kanan maupun kiri tol. Untuk ukuran satu rest area luasnya mencapai 40.000 m2.

" Luas 40.000 m2 itu bisa nanti menampung 100 kendaraan kecil dan 30 bus atau truk. Rest area yang mau kita bangun ini merupakan tipe A makanya kedepannya nanti akan ada restoran di dalamnya. Selain itu juga ada SPBU ataupun Masjid,"ujar Agus

Karena saat ini listrik sudah menyala, rest area ini kini bisa dipergunakan selama 24 jam. Disebut kalau saat ini pengelolaan rest area ini masih dilakukan oleh pihak JMKT sendiri. Ia berterimakasih karena pada saat musim mudik lebaran ini berbagai pihak ikut memberikan dukungan seperti dari Pertamina, Indomaret, Perbankan dan Kementerian PUPR.

" Jadi mereka ikut memberikan fasilitas pendukung. Saat ini masih itu saya yang dibangun rest area. Idealnya rest area harus ada setiap jarak 20-30 Km namun tetap mempertimbamgkan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol,"kata Agus.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved