TRIBUNWIKI

3 Oleh-oleh Khas Medan yang Pantang Dilewatkan saat Berkunjung ke Medan

Tak hanya kuliner, setiap wisatawan baik lokal maupun asing yang berkunjung ke Kota Medan, pasti akan membawa buah tangan (oleh-oleh) berupa makanan

3 Oleh-oleh Khas Medan yang Pantang Dilewatkan saat Berkunjung ke Medan
TRIBUN MEDAN/Istimewa
3 Oleh-oleh Khas Medan yang Pantang Dilewatkan saat Berkunjung ke Medan. Bika Ambon khas Kota Medan. 
 
3 Oleh-oleh Khas Medan yang Pantang Dilewatkan saat Berkunjung ke Medan
TRIBUN-MEDAN.com- Membicarakan Kota Medan tentu tak akan lepas dengan yang namanya kuliner. Beragam makanan nikmat menggugah selera ada di kota yang dijuluki Melayu Deli tersebut.
 
Tak hanya kuliner, setiap wisatawan baik lokal maupun asing yang berkunjung ke Kota Medan, pasti akan membawa buah tangan (oleh-oleh) berupa makanan, untuk dijadikan hadiah bagi sanak keluarga.
 
Berikut 5 makanan di Kota Medan yang wajib dijadikan oleh-oleh bagi keluarga :
 
1. Bika Ambon
Bika ambon adalah sejenis penganan yang identik dan menjadi makanan wajib yang dibawa pulang oleh wisatawan, selepas berkunjung dari Kota Medan.
 
Makanan berupa kue ini, terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat.
 
Bika Ambon khas Kota Medan
Bika Ambon khas Kota Medan (Istimewa)
Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu, kue tersebut mulai mengeras.
 
Menurut penjelasan M Muhar Omtatok, seorang budayawan dan sejarawan, kue bika ambon terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. 
 
Selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa nira/tuak enau hingga berongga dan berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. 
 
Kue ini disebut bika ambon karena pertama sekali dijual dan popular di simpang Jalan Ambon-Sei Kera Medan.
 
Selanjutnya kamu bisa tahu sendiri, Bika ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. 
 
Di Medan, tepatnya di Jalan Mojopahit daerah Medan Petisah terdapat sedikitnya belasan toko yang menjual Bika Ambon.
 
Rata-rata setiap toko diperkirakan bisa menjual ratusan bungkus Bika Ambon perharinya. Terlebih saat menjelang hari-hari besar seperti hari raya. Jumlah penjualan bakal melonjak drastis.
 
Sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu baru mengenal bika yang diproduksi di Jalan Ambon, Kota Medan. 
 
Penyebutan Bika Ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan yang memiliki tekstur kenyal.
 
Bagi kamu yang ingin membeli Bika Ambon, kamu bisa mengunjungi Jalan Mojopahit Kota Medan. Disepanjang jalan, kamu akan menemui berbagai gerai makanan yang menjual Bika Ambon.
 
2. Bolu Meranti
Bolu Meranti adalah salah satu oleh-oleh khas Kota Medan ini, memiliki rasa yang sangat legit di lidah. Performanya juga sangat memikat hati. 
 
Saat ini, sepertinya tidak afdol bila berkunjung ke Kota Medan tak membawa oleh-oleh gulung beragam cita rasa. 
Toko kue bolu meranti di Jalan Kruing
Toko kue bolu meranti di Jalan Kruing (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)
Hal itu terlihat dari penampilan luar kue Bolu Gulung Meranti. Tekstur cake lembut dan fresh. Bahkan setelah dimasukkan ke lemari pendingin beberapa hari masih terasa moist. 
 
Aroma bolu meranti terasa lembut. Setelah merasakan sensasi kenikmatan Bolu Meranti, akan terasa creamy, karena pemakaian butter dan margarin yang dominan, namun diimbangi oleh bahan berkualitas tinggi. 
 
Produk Bolu Meranti bisa bertahan tiga hari di luar lemari pendingin, namun sebaiknya di hari ketiga segera disimpan di lemari pendingin, maka rasanya akan tetap nikmat. 
 
Ada beberapa varian rasa Bolu Meranti yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Mulai dari rasa Bolu Toping Kacang, kemudian Meranti rasa moka, nenas, strawberry, cappucino, blueberry dan kacang.
 
Kebutuhan kue ini terus meningkat dari hari ke hari. Itu terlihat dari suasana di tempat usaha roti gulung bernama Meranti. Pembeli keluar-masuk secara bergantian sambil membawa beberapa boks.
 
Meski harus mengantri, para pembeli rela. Asalkan mereka bisa mendapatkan kudapan nikmat yang memiliki cita rasa tinggi dengan tekstur lembut.
 
Bolu Meranti sendiri memiliki Tagline, "Jangan tinggalkan Kota Medan tanpa kesan, Tanpa Bolu Meranti.
 
Untuk mendapatkan Bolu Meranti, kamu bisa mengunjungi gerai utama di Jalan Kruing No. 2K serta gerai lainnya di Jalan Sisingamangaraja No. 19B Medan.
 
3. Ucok Durian
Tak lengkap rasanya jika tidak menyematkan Ucok Durian sebagai salah satu makanan nikmat dan pantas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Kota Medan.
 
Nama Ucok Durian sudah sangat sering terdengar di telinga. Bahkan, tak jarang 
mereka yang belum pernah sama sekali ke Medan banyak yang sudah pernah mendengar nama Ucok Durian.
 
Seorang pekerja memilih durian untuk pelanggan di kedai Ucok Durian, Medan, Minggu (9/12/2012). Kedai Ucok Durian menjadi tujuan kuliner para pelancong saat ke Medan.
Seorang pekerja memilih durian untuk pelanggan di kedai Ucok Durian, Medan, Minggu (9/12/2012). Kedai Ucok Durian menjadi tujuan kuliner para pelancong saat ke Medan. (KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ)
Di Kota Medan sendiri, sebenarnya ada banyak gerai durian. Karena Medan  termasuk salah satu produsen durian paling enak se-Indonesia. 
 
Durian biasanya didapat dari berbagai daerah seperti Kota Sibolga, Pematang Siantar dan durian dengan kualitas yang paling mantap berasal dari Sidikalang.
 
Pemilik Ucok Durian sebenarnya bukan orang Batak. Melainkan orang Minang bernama Zainal Abidin Chaniago.
 
Dalam kesehariannya, sang pemilik Zainal Abidin Chaniago akrab dipanggil Ucok. Hingga akhirnya, nama Ucok Durian melekat pada lelaki yang dikenal ramah itu.
 
Bagi pembeli yang menginginkan buah durian manis atau sedikit pahit. Tak perlu pusing, biarkan Ucok Durian yang memilihkannya dan memberikan durian yang terbaik.
 
Ucok Durian selalu memiliki stok yang tidak pernah habis. Walaupun musim durian terjadi sekitar bulan Desember-Januari hingga Januari, pembeli tak perlu takut.
 
Ucok Durian bisa menyediakan stok durian sepanjang tahun. Semua itu didapatkan Ucok, dari pertemanan yang erat dan akrab dari berbagai koleganya.
 
Makanya, tak heran Ucok Durian tak pernah kehabisan stok untuk buah yang memiliki tekstur bau menyengat dan legit saat dilidah itu.
 
Untuk mendapatkan Ucok Durian, kamu bisa mengunjungi Jalan Wahid Hasyim No. 30-32, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan.
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved