Besok Lebaran Tarekat Naqsyabandiyah Gelar Malam Takbiran Hari Ini di Bandar Tinggi Silamungun

Adapun pelaksanaannya dipusatkan di Yayasan Pondok Pesantren Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.

TRIBUN MEDAN/HO
Besok Lebaran Tarekat Naqsyabandiyah Gelar Malam Takbiran Hari Ini di Bandar Tinggi Silamungun. Jemaah Tarekat Naqsyabandiyah berfoto bersama setelah melaksanakan ibadah salat Ied 1 Syawal 1439 Hijriyah, Rabu (13/6/2018)di Pondok Pesantren Syekh Salman Da'im, Kecamatan Bandar Mesilam, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. 

Besok Lebaran Tarekat Naqsyabandiyah Gelar Malam Takbiran Hari Ini di Bandar Tinggi Silamungun

TRIBUN-MEDAN.com-Tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah Sumut rencananya menggelar takbiran Senin (3/6/2019) malam ini.

Adapun pelaksanaannya dipusatkan di Yayasan Pondok Pesantren Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.

Hal itu dikatakan oleh Syarif, pengurus cabang Tarekat Naqsyabandiyah Medan kepada Tribun Medan bahwa pelaksanaan takbiran untuk kali pertama tidak dilaksanakan di masing-masing anak cabang.

"Memang biasanya tiap tahun di kita (Tarekat Naqsyabandiyah Medan) perayaan takbiran di laksanakan juga di sini, tapi menurut petunjuk Majelis Fatwa semua dipusatkan di Bandar Tinggi," ujar Syarif yang ditemui pagi itu di Ponpes Tarekat Naqsyabandiyah Medan, Gg Leman Harahap, Jalan Kongsi, Marendal

Ia berujar bahwa hal tersebut sudah sesuai menurut keputusan dari Majelis Fatwa Tarekat Naqsyabandiyah. Ia juga mengaku tidak mengetahui soal Idul Fitri yang dilaksanakan Tarekat Naqsyabandiyah lainnya di luar Sumut.

Oleh karena itu, dijelaskan Syarif pelaksanaan salat Ied yang diartikan sebagai Idul Fitri 1440 Hijriyah, tentunya dipastikan jatuh pada Selasa (4/6/2019) besok.

Baca: Hindari Mengonsumsi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini saat Mudik, Bisa Sebabkan Tak Nyaman di Perut

Baca: TERNYATA Ini Alasan Mengapa Prabowo, Sandiaga dan JK Tak Bisa Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono

Baca: Begini Posisi Boncengan yang Benar saat Kamu Menempuh Perjalanan Jarak Jauh dengan Sepeda Motor

Baca: Kumpulan Kata Mutiara yang Bisa Kamu Kirimkan di Hari Raya Idul Fitri, Cocok Dibagi di Medsos

"Jadi salat Ied kita laksanakan tepat besok bersama dengan rombongan kita yang berangkat dari sini, dan daerah lainnya nanti malam. Jadi kita bermalam di sana," ujarnya.

Disinggung kenapa pelaksanaan Idul Fitri kerap lebih dulu dari pemerintah, Syarif mengaku hal tersebut merupakan perhitungan Majelis Fatwa yang disepakati oleh jemaat Tarekat Naqsyabandiyah.

Seorang jemaah tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah menangis saat halal bi halal usai Shalat Ied, di Rumah Ibadah Suluk Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Loji, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/6/2018). Hari ini jemaah tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah melaksanakan ibadah Shalat Ied setelah genap berpuasa selama 30 hari berdasarkan metode Hisab Qomariyah yang diyakininya.
Seorang jemaah tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah menangis saat halal bi halal usai Shalat Ied, di Rumah Ibadah Suluk Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Loji, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/6/2018). Hari ini jemaah tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah melaksanakan ibadah Shalat Ied setelah genap berpuasa selama 30 hari berdasarkan metode Hisab Qomariyah yang diyakininya. (KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH)

Namun perbedaan tersebut dikatakannya tidak menjadi masalah.

Baca: MotoGP 2019 - Klasemen Sementara selepas MotoGP Italia, Petrucci Menikung Valentino Rossi

Baca: Unggah Potret Kekompakan Bareng Zaskia Gotik, Keterangan Foto Angel Lelga Jadi Sorotan

Dalam wawancara yang berlangsung singkat dan hangat itu, Syarif pun mengajak untuk lebih bercengkrama bersama Majelis Fatwa yang berada di Bandar Tinggi.

"Makanya untuk tanya tanya sekalian kita ke sana nanti malam bersama Majelis Fatwa-nya. Merayakan takbiran bersama saudara di sana," ujarnya dengar senyum.

Baca: 2 Perempuan Ini Dijual Kekasih Masing-masing, Terkuak saat Korban Beritahu sedang Kerja di Malaysia

Baca: Aurel Hermansyah Nyamar Jadi Setan dan Prank Keluarganya, Anang Panik dan Hampir Pukuli Sang Putri

"Semua inang cabang akan berangkat ke Bandar Tinggi mulai hari ini, baik dari cabang Langkat, Binjai, Lubukpakam, dan yang di sini Salat Ied di sana," pungkasnya

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved