Mengenal Komunitas Medan BMX yang Raih Kejuaraan Nasional hingga Internasional

Sekumpulan anak muda pecinta olahraga BMX, kerap kali menunjukkan atraksi yang menegangkan di berbagai tempat

Mengenal Komunitas Medan BMX yang Raih Kejuaraan Nasional hingga Internasional
TRIBUN MEDAN/GITA NADIA TARIGAN
Komunitas Medan BMX dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kesawan, Kecamatan Medan Baru, belum lama ini. 

TRIBUN-MEDAN.com- Siapa yang tidak kenal dengan Olahraga Bicycle Motorcross (BMX), olahraga yang cukup ekstrem dan menantang adrenalin ini, memang digandungi oleh sebagian besar anak muda, bentuk sepeda yang unik serta manuver-manuver pengendara saat mengendarai sepeda BMX menjadi keunikan dan kesenangan tersendiri bagi anak muda.

Tidak ketinggalan, komunitas Medan BMX yang berisi sekumpulan anak muda pecinta olahraga BMX, kerap kali menunjukkan atraksi yang menegangkan di berbagai tempat. Seperti saat di sambangi tribun medan, komunitas Medan BMX dalam suatu kegiatan di Lapangan Merdeka Kesawan, Kecamatan Medan Baru sedang beratraksi dan mencuri banyak perhatian pengunjung.

Pendiri komunitas Medan BMX, Ahmad Syafri menceritakan bahwa komunitas tersebut sudah ada sejak tahun 2010 dan bermula dari hobi yang sama.

"Komunitas BMX inikan, komunitas BMX Free Style di Kota Medan, dan rider-ridernya ini terdiri dari anak-anak Medan dari berbagai kecamatan. Komunitas yang sudah dibentuk sejak tahun 2010 ini dibentuk atas dasar hobi yang sama dari beberapa anak muda, kita kan dulu punya tempat latihan, yang hadir dari beberapa kecamatan,ngumpul dan latihan sama-sama jadi terfikirlah untuk membuat komunitas yang fix," katanya

Anggota komunitas terlihat beragam dari paling anak-anak hingga dewasa, Ia mengatakan anggita komunitas tidak berpatok pada umur dan status.

"Anggotanya ada mahasiswa, pelajar dan pekerja, kita tidak pandang umur, siapa aja boleh join," tuturnya

Untuk berlatih komunitas ini juga tidak main-main, Lelaki yang akrab disapa Empi itu berkata bahwa latihan komunitas bisa dilaksanakan sebanyak 3 sampai 4 kali seminggu dengan durasi yang berjalan-jam, maka tidak heran para rider komunitas telah menjuarai berbagai kompetisi bergengsi dari skala nasional hingga Internasional.

"Kita latihannya di GOR pancing, gedung Serbaguna, dan hingga saat ini selain telibat dalam even lokal dan nasional, para rider juga sempat menjuarai even internasional. Rider kita salah satu terbaik dalam suatu ajang Internasional," katanya.

Empi berharap dengan rutin berkegiatan di ruang publik, olahraga BMX ini dapat dikenal luas oleh masyarakat serta semakin banyak peminatnya.

"Kita harus kompak karena olahraga freestyle ini kan belum dikenal banyak orang, dengan seringnya kita berkumpul, orang-orang kan semakin banyak yang kenal. Olahraga Freestyle ini ada dan bukan olahraga anak-anak karena kita sudah banyak menorehkan prestasi dari sini," tuturnya

Di Sumatera Utara, rider komunitas Medan BMX sudah menyambet peringkat nomor satu se Indonesia, dengan rider bernama Teja dan Andika

Empi juga sempat membagikan beberapa pengetahuan dasar bagi para pemula dalam olahraga BMX.

"Banyak sih tehnik dasar kayak Wheelie, Endo, Manual, Nose Manual, dan masih banyak lagi, dan untuk tehnik yang sulit cukup banyak juga seperti Bet Lip, 360 combo, bet Flip itukan salto, trus dikombinasikan dengan gaya lain, nggak hanya salto doang, 360 itu mutar 360 derajat dengan ditambah trik yang lain," katanya.

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved