Sinabung Semburkan Awan Panas Setinggi 7.000 Meter, Kepala Pos: Intensitas Abu Cukup Tebal

Sinabung memuntahkan awan panas dengan kolom abu kurang lebih setinggi 7.000 meter di atas puncak gunung.

Sinabung Semburkan Awan Panas Setinggi 7.000 Meter, Kepala Pos: Intensitas Abu Cukup Tebal
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Gunung Sinabung kembali erupsi, Minggu (9/6/2019). Kali ini Sinabung memuntahkan awan panas dengan kolom abu setinggi 7.000 meter. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Beberapa waktu terakhir, Gunung Sinabung mulai kembali bergejolak dengan mengeluarkan material berupa abu vulkanik. Setelah erupsi terakhir pada Senin (27/5/2019) lalu, kali ini Gunung Sinabung kembali bergejolak dengan cukup tinggi.

Menurut keterangan dari Kepala Pos PGA Sinabung Deri Al Hidayat, erupsi kali ini terjadi pada Minggu (9/6/2019) sekira pukul 16.28 WIB. 

Ia menyebut, Sinabung memuntahkan awan panas dengan kolom abu kurang lebih setinggi 7.000 meter di atas puncak gunung.

Deri menjelaskan, menurut pengamatan tim pemantau kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas cukup tebal. Dirinya menyebutkan, untuk pergerakan abu lebih condong mengarah ke selatan.

"Tadi erupsi memang ada teramati, tinggi kolom abunya sekitar 7.000 meter di atas puncak gunung. Asap terlihat berwarna lebih pekat dari erupsi-erupsi sebelumnya," ujar Deri.

Deri menjelaskan, menurut alat pendeteksi getaran atau seismograf erupsi terekam dengan amplitudo maksimum 120 mm, dengan durasi sekitar 9 menit 17 detik.

"Terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan gunungapi Sinabung," katanya.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved