Edy Rahmayadi: 73 Tahun Kita Merdeka, Tapi Masih Kesulitan Air

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta masyarakat tidak membuang sampah dan limbah sehingga mengotori sungai di Kota Medan.

Edy Rahmayadi: 73 Tahun Kita Merdeka, Tapi Masih Kesulitan Air
Tribun Medan/Satia
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Wakilnya Musa Rajekshah saat berada di Kantor PDAM Tirtanadi Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Senin (10/6/2019). 

TRIBUN MEDAN.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta masyarakat tidak membuang sampah dan limbah sehingga mengotori sungai di Kota Medan. Sebab, sungai harus dijaga demi melestarikan kehidupan seluruh mahluk hidup yang ada.

Pernyataan ini, dikatakannya saat melakukan kunjungan ke Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumut, di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Senin (10/6/2019).

Dalam kata sambutannya, Edy Rahmayadi mengatakan, selama ini sering mendengarkan keluhan dari masyarakat mengenai air bersih yang selalu sulit teraliri ke rumah penduduk.

"Saya tanya kenapa sulit air bersih? Katanya sumber air tidak ada. Lah padahal sungai kita di sini ada, tapi kotor dan ada limbah. Untuk itu masyarakat juga jangan membuang sampah ke sungai," jelasnya.

Ke depan, ia menginginkan kualitas air di Sumut dapat teraliri dengan baik. Karena saat ini ia sudah memerintahkan jajaran Bupati dan Wali Kota untuk dapat menjaga sungai agar tidak menjadi tempat pembuangan sampah hingga limbah.

"Air ini sumber kehidupan manusia, seluruh mahluk hidup membutuhkan air," katanya.

Edy mengatakan, saat ini PDAM Tirtanadi Sumut telah mengalami kebocoran air sebanyak 30 persen. Namun, ia mengaku belum tahu kemana kebocoran air atau apakah ada oknum-oknum yang menjualnya ke perumahaan mewah atau hotel.

Orang nomor satu di Pemprov Sumut ini juga mengatakan, selama 73 tahun Indonesia telah Merdeka, tetapi masyarakat masih ada yang kesulitan mendapatkan air bersih.

"73 Tahun kita sudah merdeka, tetapi masih kesulitan air," jelasnya.

Di bawah kepemimpinannya, ia bertekad untuk menyejahterakan seluruh rakyat Sumut. Dengan itu, ia meminta kepada seluruh jajaran untuk dapat bekerja dengan benar-benar menjadikan Sumut lebih bermartabat.

"Saya yakin dengan semangat juang kita benahi, ke depan menyejahterakan masyarakat Sumatera Utara," jelasnya. (cr19/tribun-medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved