KPU Sumut Persiapkan Dokumen Hadapi Gugatan Pilpres di MK

KPU Sumut juga mengumpulkan perihal sosialisasi dan kampanye yang difasilitasi oleh seluruh jakaran KPU Kabupaten dan Kota.

KPU Sumut Persiapkan Dokumen Hadapi Gugatan Pilpres di MK
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY SIREGAR
Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi Hukum dan Pengawasan, Ira Wirtati. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara Divisi Hukum dan Pengawasan Ira Wirtati mengatakan pihaknya baru selesai melakukan Rapat Koordinasi Penyelesaian Sengketa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Rapat yang diikuti seluruh jajaran KPU Kabupaten dan Kota se-Sumatera Utara itu kata Ira, terkait permintaan Kuasa Hukum KPU RI dalam menyiapkan dokumen dan data yang diperlukan untuk menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi.

"KPU RI meminta kami menyiapkan dokumen yang disiapkan yang akan dihimpun dalam menghadapi sengketa pilpres. Untuk gugatan Pilpres, seluruh KPU Provinsi se-Indonesia diminta mengumpulkan sejumlah data dan dokumen," Senin (10/5/2019).

Dokumen tersebut, kata Ira berupa kronologis proses perhitungan dan pemungutan suara, serta terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Termasuk data Daftar Pemilih Tetap, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) I, II, III berikut berita acaranya," katanya.

Tak hanya itu, kata Ira, KPU Sumut juga mengumpulkan perihal sosialisasi dan kampanye yang difasilitasi oleh seluruh jakaran KPU kabupaten dan Kota.

Juga hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan dituangkan dalam berita acara formulir model DA dan sertifikat model DA1.

Termasuk, kata Ira, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota yang dituangkan dalam berita acara formulir model DB dan sertifikat model DB1.

"Setelah itu hail rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi akan dituangkan dalam berita acara yaitu formulir model DC dan sertifikat model DC1,"katanya.

Ira menjelaskan,pihaknya juga menyipakan catatan keberatan para saksi, tanda terima dokumen, daftar hadir dan lainnya.

Halaman
123
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved