Pemko Medan Segera Luncurkan Kartu Identitas Anak

Pemko Medan segera meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) khusus untuk warga yang berumur 0 sampai 17 tahun.

Pemko Medan Segera Luncurkan Kartu Identitas Anak
Tribun-Medan / Nanda Rizka Nasution
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan Zulkarnain saat menjelaskan pelayanan Disdukcapil, Senin (10/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemko Medan segera meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) khusus untuk warga yang berumur 0 sampai 17 tahun. 

"Tidak lama lagi, bulan Juni ini kita meluncurkan pelayanan pemberian Kartu Identitas Anak (KIA). Khusus untuk masyarakat kita yang berumur 0 sampai 17 tahun. Fungsi dan kedudukan KIA ini sama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP)," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan Zulkarnain, Senin (10/6/2019).

KIA, kata Zulkarnain, merupakan pengakuan negara selain sebagai identitas dan bukti diri. Fungsi KIA akan dikembangkan untuk mendekatkan dan memudahkan akses masyarakat terhadap berbagai pelayanan publik.

"Misalnya kita bisa kembangbangkan dalam bentuk kerja sama pemberian fasilitas khusus bagi masyarakat yang memiliki KIA, untuk memudahkan akses masyarakat," ujarnya.

Zulkarnain menambahkan, pihaknya juga berusaha membuat satu aplikasi untuk memudahkan masyarakat.

"Kami sedang mengembangkan sistem pelayanan aplikasi untuk pendaftaran online di seluruh jenis layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil. Jadi, pelayanan lebih mudah dan cepat," ungkapnya.

Aplikasi ini akan jauh mengurangi bentuk pelayanan fisik tatap muka. Saat ini, yang sudah berjalan adalah akta kelahiran. Selanjutnya akan dikembangkan untuk yang lainnya.

Ia mengatakan aplikasi akan diluncurkan tahun ini sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi apakah permohonannya sudah selesai atau belum. Meski Standar Operasional Prosedur (SOP) sudah jelas 4 hingga 5 hari, namun bisa saja jauh lebih cepat dari tanggal yang ditentukan. (cr17/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved