Penarikan Uang di Sumut Capai Rp 5,02 Triliun selama Ramadan dan Lebaran

Jadi kalau kita melihat jumlah uang beredar ini dari penarikan perbankan selama Bulan Mei dari tanggal 2 hingga 29 Mei 2019 ada Rp 5,02 Triliun.

Penarikan Uang di Sumut Capai Rp 5,02 Triliun selama Ramadan dan Lebaran
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Utara Wiwiek Sisto Widayat saat ditemui media. Jumlah penarikan uang kartal oleh perbankan Sumut selama Ramadan dan Lebaran mencapai Rp 5,02 Triliun. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kebutuhan masyarakat atas uang kartal meningkat untuk mememenuhi kebutuhan selama Ramadan dan libur Idul Fitri.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Utara (Sumut) Wiwiek Sisto Widayat, mengatakan, jumlah penarikan uang kartal oleh perbankan Sumut selama Ramadan dan Lebaran mencapai Rp 5,02 Triliun.

"Jadi kalau kita melihat jumlah uang beredar ini dari penarikan perbankan selama Bulan Mei dari tanggal 2 hingga 29 Mei 2019 ada Rp 5,02 Triliun yang terdiri dari uang pecahan besar dan uang pecahan kecil,"ujar Wiwiek, Selasa (11/06/2019).

Diakui Wiwiek, antusias masyarakat dalam menukarkan uangnya lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Terbukti dengan semakin banyaknya jumlah penukar uang yakni lebih kurang 38 ribu penukar. "Jumlah masyarakat yang melakukan penukaran sebanyak 38 ribu lebih penukar," katanya.

Ia menjelaskan jumlah penukaran jumlah Uang Pecahan Kecil (UPK) masyarakat sebesar Rp128,9 miliar. Penukaran ini dilakukan di 131 titik penukaran yang dilayani oleh kas keliling BI, kantor-kantor bank yang berlokasi di Medan dan sekitarnya serta BPR (Bank Perkreditan Rakyat).

"Selain itu dari kegiatan penukaran uang kecil yang dilakukan selama Bulan Ramadan sampai dengan Idul Fitri kemaren itu terserap Rp 128,9 miliar penukaran pecahan kecil di 131 titik penukaran yang dilakukan oleh BI, bekerjasama dengan seluruh perbankan di Medan dan sekitarnya," ujar Wiwiek.

Di awal Bulan Juni direncanakan akan ada penarikan Rp 6,8 triliun, tetapi jumlah penarikan uang oleh bank lebih kecil dari yang disiapkan BI.

"Penarikan uang perbankan Rp 5,02 triliun itu adalah sebesar 73,8 persen dari rencana perbankan terkait penarikan selama bulan Ramadan Idul Fitri yang lalu," ucapnya.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved