PMVB Kembali Mengadakan Kegiatan Donor Darah Amal II Tahun 2019

Di Vihara Borobudur, donor darah amal ini telah berlangsung selama 33 tahun dimana saat pertama kali dilaksanakan pada tahun 1985 dilakukan secara

PMVB Kembali Mengadakan Kegiatan Donor Darah Amal II Tahun 2019
Tribun Medan/HO
Suasana Kegiatan Donor Darah Amal Pertama Tahun 2019 di Vihara Borobudur. 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com - Di Vihara Borobudur, donor darah amal ini telah berlangsung selama 33 tahun dimana saat pertama  kali dilaksanakan pada tahun 1985 dilakukan secara rutin hanya 2 kali dalam setahun dengan diikuti oleh lebih kurang 40 pendonor pada saat itu.

Dari tahun ke tahun pendonor telah bertambah dan hingga saat ini kegiatan rutin ditingkatkan 4 kali setahun, dan sekarang setiap kali pelaksanaan donor dapat mengumpulkan sebanyak 250 hingga 300 kantong darah.

Untuk menjadi pendonor, calon pendonor diharapkan telah memenuhi beberapa syarat antara lain:

1. Sehat jasmani dan rohani

2. Berusia 17 sampai 60 tahun

3. Berat badan minimal 45 kg

4. Tidak mengkonsumsi Obat Antibiotik, Analgetik, dan Antipiretik

5. Interval donor minimal 75 hari sejak sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5x dalam setahun)

6. hemoglobin perempuan minimal 12 gram dan untuk laki-laki minimal 12,5 gram

7. Tekanan darah baik yaitu sistolik 90-160 mmHg, diastolik 60-100 mmHg dan perbedaan antara Sistolik dan Diastolik > 20 mmHg.

Tenaga medis dan dokter dari Palang Merah Indonesia (PMI) akan memeriksa calon pendonor di lokasi sebelum dinyatakan dapat mendonorkan darahnya. Prosedur ini merupakan prosedur standard yang harus dijalani oleh seorang calon pendonor demi kebaikan pendonor sendiri.

Bagi pendonor lama agar membawa Kartu Donor yang diterbitkan oleh Palang Merah Indonesia, sedangkan pendonor baru agar membawakan KTP dan setelah mendonor yang bersangkutan akan menerima Kartu Donor yang kelak dapat digunakan setiap kali mendonor.

Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Borobudur (PMVB) mengajak seluruh masyarakat kota Medan tanpa memandang ras, suku dan agama, agar dapat berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya kepada saudara kita yang membutuhkan melalui Palang Merah Indonesia.

Masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya agar datang langsung ke Vihara Borobudur, Jalan Imam Bonjol Nomor 21 Medan, pada hari Minggu, 16 Juni 2019, mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB, bertempat di Gedung Buddhayana Dharmasala Lantai G Vihara  Borobudur.

Editor: Ryan Nur Harahap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved