TRIBUN WIKI

TRIBUN WIKI: Menilik Sejarah Terminal Terpadu Amplas

Terminal Terpadu Amplas merupakan pusat tempat berbagai akses transportasi bagi masyarakat Kota Medan maupun luar Kota Medan.

TRIBUN WIKI: Menilik Sejarah Terminal Terpadu Amplas
Tribun Medan / Victory
Terminal Terpadu Amplas 

TRIBUN-MEDAN.com - Medan adalah Kota Mega Politan, dan Kota yang mengalami perkembangan sangat pesat dari segi Pendidikan, Infrastruktur dan Pelayanan Masyarakat, serta Aksesnya, hari Rabu (12/6/2019).

Terminal Terpadu Amplas merupakan pusat tempat berbagai akses transportasi bagi masyarakat Kota Medan maupun luar Kota Medan.

Kemudian, terminal yang berada di Kecamatan Medan Amplas ini biasanya dikenal masyarakat Medan dengan sebutan Terminal Amplas.

Namun, sebagian belum mengetahui babad (sejarah) dari Terminal Terpadu Amplas Kota Medan.

Terminal Amplas diresmikan pada 18 september tahun 1991.

Pada tahun 1991 –2002 Terminal Terpadu Amplas dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Medan dan Perusahaan Daerah Pembangunan. Kemudian, pada tahun 2003-2009 Terminal Amplas dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Medan.

Selanjutnya, sejak tahun 2009 sampai sekarang Terminal Amplas di kelola oleh Dinas Perhubungan Kota Medan dibantu oleh Kepolisian untuk menertibkan keamanan di area dan sekitar terminal.

Namun, berdasarkan informasi dari Dinas Perhubungan Kota Medan, Terminal Terpadu Amplas akan dikelolah oleh pihak Kemneterian Perhubungan nantinya. Akan tetapi, semuanya masih dalam proses yang berjalan.

Terminal Terpadu Amplas ini, beroperasional setiap hari 24 jam. Terminal tersebut merupakan terminal yang bertype "A" karena merupakan terminal yang menampung transportasi nasional. Baik lintas daerah, maupun transportasi lintas provinsi.

Ada pun Visi dan Misi Terminal Terpadu Amplas yaitu, sejalan dengan visi dan misi Dinas Perhubungan Kota Medan. Seperti berikut, untuk menciptakan sistem gerakan aktifitas perhubungan yang handal dan berkemampuan tinggi dalam berperan sebagai urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya serta mampu berperan sebagai penunjang, penggerak dan pendorong pembangunan Kota Medan.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved