KPU Sumut Lakukan Perbaikan Jawaban Gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

KPU selaku termohon wajib memberikan jawaban dan alat bukti dalam proses penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

KPU Sumut Lakukan Perbaikan Jawaban Gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY SIREGAR
Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi Hukum dan Pengawasan Ira Wirtati. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara Divisi Hukum dan Pengawasan Ira Wirtati mengatakan menjelang sidang Mahkamah Konstitusi yang akan digelarJumat (14/6/2019) besok, pihaknya tengah melengkapi data.

Kelengkapan data tersebut, kata Ira akan digunakan menanggapi gugatan pihak pemohon yakni tim kuasa hukum Badan Pemenangan Nasional, Prabowo - Sandiaga Uno.

Menurut Ira, KPU selaku termohon wajib memberikan jawaban dan alat bukti dalam proses penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK.

Ira menjelaskan, sebelumnya KPU Sumut melalui Tim Kuasa Hukum KPU RI telah memberikan keseluruhan dokumen yang diperlukan dalam menghadapi gugatan tersebut.

Namun dengan adanya tahapan perbaikan jawaban dan keterangan gugatan , maka KPU RI beserta seluruh jajaran melengkapi kembali seluruh data yang diperlukan.

"Selain Sumut yang memperbaiki jawaban dan keteranga gugatan ada provinsi lain seperti Jawatengah, Papua, Maluku," ujarnya kepada Tribun/www.tribun-medan.com, Kamis (13/6/2019).

Dikatakannya, untuk Sumatera Utara ada 14 Kabupaten dan Kota yang segera dilengkapi datanya dan masuk ke dalam gugatan pihak pemohon.

"Dari 14 kabupaten dan kota itu yaitu Langkat, Deliserdang, Simalungun, Madina, Medan, Batubara, Labuhanbatu, Serdangbedagai, Labura, Taput, Nisel dan Tapteng,"katanya.

Menurut Ira pihaknya tengah menunggu penyampaian alat bukti dan kronologis dari 14 daerah tersebut.

"Kami sedang menyiapkan alat bukti dan kronologis hingga nanti malam. Sampai saat ini sudah empat daerah yang masuk," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved