Apersi Targetkan Bangun 12 Ribu Unit Rumah Subsidi hingga Akhir 2019

Biasanya di akhir tahun, kita masih akad atau realisasi KPR di BTN. Sedangkan tahun ini pada Mei sudah close.

Apersi Targetkan Bangun 12 Ribu Unit Rumah Subsidi hingga Akhir 2019
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) DPP Sumut saat berkunjung ke Bank BTN. 

TRIBUN-MEDAN.com - Tahun ini, Apersi Sumut menargetkan akan membangun 12 ribu unit rumah. Rumah-rumah ini tersebar di seluruh Sumatera Utara misalnya Deli Serdang, Langkat, Binjai, Rantauprapat, Kisaran, Siantar dan lain sebagainya.

"Sebenarnya dalam pembangunan rumah tidak ada kendala yang dihadapi. Tapi permasalahan saat ini ada kurangnya kerjasama yang baik antara developer dengan pemerintahan," ujar Bendahara Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) DPP Sumut, Yanti Nabila, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya kurangnya kerja sama ini berakibat pada adanya beberapa oknum yang menyulitkan perizinan. Selain itu saat ini menurutnya Apersi sedang bimbang dengan habisnya kuota KPR di BTN.

"Biasanya di akhir tahun, kita masih akad atau realisasi KPR di BTN. Sedangkan tahun ini pada Mei sudah close. Katanya kuotanya sudah tertutup dan kuota tahun ini jauh lebih rendah," kata Yanti.

Kalau untuk daerah Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat, Sergai, tahun lalu kuota sekitar 9500, tetapi tahun ini hanya 4000 unit.

"Artinya ada penurunan 50 persen. Jadi program pembangunan satu juta rumah pertahun oleh Presiden tidak sinkron dengan kebijakan Menteri," katanya.

Untuk itu saat ini, Apersi Sumut melakukan kunjungan ke BTN, BNI, dan Bank Mandiri. Menurutnya developer yang biasanya akad di BTN mungkin akan pindah ke BNI dan Bank Mandiri.

"Dampaknya bukan hanya kepada developer tapi juga kepada masyarakat yang ingin memiliki rumah tukang, perbankan, dan lain sebagainya. Karena banyak masyarakat yang berminat memiliki rumah sendiri tetapi keterbatasan kuota ini menjadi kendala," pungkasnya.

Apersi berharap kepada pemerintah agar kebijakan yang diambil sinkron dengan program yang sudah dicanangkan oleh presiden.

(cr18/tribun-medan.com)

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) DPP Sumut saat berkunjung ke Bank BTN

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved