Gangguan Internet Berdampak 2.214 Siswa di Sumut Gagal Ikuti PPDB Online

Ruslan mengatakan ribuan siswa itu, berasal dari 59 sekolah SMA di Sumut, yang gagal melaksanakan ujian PPDB secara online tersebut.

Gangguan Internet Berdampak 2.214 Siswa di Sumut Gagal Ikuti PPDB Online
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Puluhan siswa menunggu untuk mengikuti ujian penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMAN 5 Medan, Jumat (14/6/2019). Akibat gangguan pada server, ujian penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sejumlah sekolah pada sesi pertama hingga ketiga terpaksa harus ditunda. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - 2.214 Siswa di Sumut batal mengikuti ujian seleksi ‎masuk sekolah menengah atas (SMA) Negeri melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun ajaran (TA) 2019/2020.

Hal tersebut, dikarenakan jaringan internet mengalami gangguan. Sehingga para siswa yang hendak melaksanakan ujian terpaksa tertunda akibat jaringan error.

‎Ketua Panitia PPDB 2019 Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, Ruslan mengatakan ribuan siswa itu, berasal dari 59 sekolah SMA di Sumut, yang gagal melaksanakan ujian PPDB secara online tersebut.

"Jaringan (bermasalah) lemot, istilahnya. Sudah kita surati cabang dinas," kata Ruslan, Jumat (14/6/2019).

Ruslan menambahkan untuk peserta PPDB Online yang mengalami gangguan jaringan internet tersebut. Ujian akan dilaksanakan kembali Sabtu besok, 15 Juni 2019.

"Besok dilanjuti kembali ujiannya. Untuk seluruh sekolah mengalami gangguan jaringan sebanyak 59 sekolah di Sumatera Utara," ujarnya.

Untuk diketahui, jaringan bermasalah itu atau eror. Terlihat dalam layar komputer yang dipergunakan oleh para peserta ujian tertulis 504 Gateway Time-out. The server didn't respond in time.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar di Kota Medan, tidak semua sekolah mengalami gangguan hanya 11 sekolah saja.‎

Untuk itu, ia mengharapkan ada upaya segera dilakukan perbaikan jaringan agar pelaksanaan PPDB Online kembali normal.

"Untuk seluruhnya di Sumut, Sesi 1 berjumlah 1.210 perserta dan sesi II sebanyak 1.004 dengan total 2.214 Siswa," jelas Abyadi.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved