NEWS VIDEO: Toba Caldera World Music Festival Menyatukan Musik Tradisi Seluruh Dunia

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan destinasi wisata Danau Toba kepada masyarakat di Sumatera Utara.

NEWS VIDEO: Toba Caldera World Music Festival Menyatukan Musik Tradisi Seluruh Dunia
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 mulai berlangsung di lapangan terbuka bukit Singgolom desa Lintong Ni Huta kecamatan Tampahan Toba Samosir, Jumat (14/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBASA - Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 mulai berlangsung di lapangan terbuka bukit Singgolom desa Lintong Ni Huta kecamatan Tampahan Toba Samosir, Jumat (14/6/2019).

Direktur Pemasaran Badan Pengelola Pariwisata Danau Toba, Basar Simanjuntak mengatakan kegiatan yang digagas oleh lembaga Rumah Musik Suarasama ini dilaksanakan secara bekerjasama dengan berbagai komunitas di kota Balige dan masyarakat kecamatan Tampahan Tobasa .

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan destinasi wisata Danau Toba kepada masyarakat di Sumatera Utara, Indonesia dan dunia lewat sebuah festival musik",sebutnya di Balige, Jumat (14/6/2019).

Pafa pertunjukan ini sebuah genre dilahirkan. Baik musik tradisional Batak dipadukan dengan ekspresi musik tradisi dunia, misalnya pemusik pop/jazz berkolaborasi dengan para pemusik tradisi dari India, Timur Tengah, Afrika, Jawa, Bali dan lainnya.

Baca: VIDEO: Panggung TCWMF Rubuh usai Lagu Ullusson Ahu o Allogo, Irwansyah: Harus Belajar dari Alam

Karya-karya world music umumnya mereprsentasikan musik-musik tradisi dunia yg sdh berakar di masyarakatnya (“roots music”) dan juga musik-musik baru yg memiliki unsur tradisi dunia–sering disebut ‘world fusion’, karena memfusikan beberapa unsur-unsur musik dari beberapa tradisi dunia.

Pagelaran musik tersebut jugavtidak terlepas dari konsep peradaban dan terciptanya Danau Toba daei Letusan Gunung Toba yang melahirkan peradaban di dalamnya.

(jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved