Ombudsman Perwakilan Sumut: Ujian Online PPDB di 11 SMA Negeri Medan Bermasalah

"Saya kira ini harus dilakukan ujiannya," kata Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar.

Ombudsman Perwakilan Sumut: Ujian Online PPDB di 11 SMA Negeri Medan Bermasalah
Tribun Medan/M Andimaz Kahfi
Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat inspeksi di sekolah SMAN 2 Medan yang terkendala dalam melaksanakan PPDB Online, Jumat (14/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebanyak sebelas Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Medan yang hari ini melaksanakan ujian testing Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, alami gangguan jaringan.

Mendengar kabar adanya gangguan jaringan di beberapa sekolah yang melaksanakan PPDB Online, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar langsung melakukan pengecekan di SMAN 2 Medan.

"Hari ini kan pertama pelaksanaan ujian masuk sekolah negeri dari jalur tes. Jadi, tadi pagi kita sudah turun ke lapangan. Pertama ke SMAN 5 dan sekarang di SMAN 2," kata Abyadi saat sidak di SMAN 2 Medan, Jumat (14/6/2019).

"Di SMAN 5 Medan kami menemukan ujian masuk tes gagal. Secara teknis server error, katanya gitu. Katanya ini akibat terlalu banyak yang melakukan ujian. Di Medan ada 11 SMAN yang melaksanakan ujian penerimaan. Sehingga dalam waktu bersamaan membuka soal ujian dan terjadi drop," sambungnya.

Abyadi menjelaskan bahwa bentuk soal tes ujian ada berbentuk gambar dan video sehingga menjadi berat. Dari pihak sekolah yang alami gangguan PPDB Online seperti SMAN 5 dan SMAN 2, mengaku membatalkan ujian sesi pertama dan kedua hari ini. Para peserta tes ujian dipersilahkan pulang dan akan diagendakan ujian ulang.

"Sekarang kami masih berusaha berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan, untuk mencari tahu solusi yang terbaik," ujar Abyadi.

Ditanya soal apakah para siswa yang menjadi calon yang tidak lulus dalam tes PPDB Online, akan menjadi jalur zonasi. Abyadi mengaku masih akan melihat aturan yang berlaku. Dirinya masih akan melihat peraturan apa yang berlaku.

"Tapi, saya kira ini harus dilakukan ujiannya," sebutnya.

Lebih lanjut, Abyadi masih terus melakukan komunikasi dengan dinas pendidikan untuk mencari solusi. Karena sesi 1 dan 2 telah gagal. Semoga saja sesi 3 dan 4 bisa dilaksanakan.

"Yang jelas informasi yang kita himpun di semua sekolah di Sumut yang melaksanakan tes PPDB Online alami gangguan server dan di Medan ada sebelas sekolah yang melaksanakan ujian terganggu semua," tutup Abyadi. (mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved