Perhumas Muda Tertantang Mengembangkan SDM Humas Berbakat di Kota Medan

Humas merupakan pilar penting yang menjembatani segala komunikasi diantara perusahaan dan pemangku kepentingan

Perhumas Muda Tertantang Mengembangkan SDM Humas Berbakat di Kota Medan
TRIBUN MEDAN/HO
Berbagai kegiatan Perhumas Muda mengasah keterampilan berkomunikasi guna membangun keuntungan materil dan immaterial bagi perusahaan dan institusi 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Profesi Hubungan Masyarakat (Humas) atau lebih dikenal dengan nama Public Relation (PR) adalah sebuah posisi yang bertujuan membangun citra perusahaan atau institusi.

Humas merupakan pilar penting yang menjembatani segala komunikasi diantara perusahaan dan pemangku kepentingan.

Profesi Humas bagi sebuah perusahaan sangatlah penting guna membangun brand image. Namun perkembangan profesi ini hanya terjadi di Ibukota Jakarta. Beberapa institusi maupun perusahaan di Kota Medan, masih belum menganggap pentingnya posisi Humas.

Di Medan sendiri, Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) dibentuk guna mengakomodir para profesi Humas yang bekerja di berbagai perusahaan lokal. BPC Perhumas pun mengembangkan akarnya dengan membentuk organisasi kepemudaan bernama Perhumas Muda.

"Jadi di struktur kami, ada Perhumas Muda. Nah, Perhumas Muda ini merupakan wadah untuk mengasah kemampuan segala bidang mengenai dunia Ilmu Komunikasi di kalangan mahasiswa. Kita ingin membentuk kader Humas terbaik di Kota Medan," cetus Kordinator Perhumas Muda Adhan Hasibuan, Kamis (13/6/2019).

Adhlan berujar perkembangan dunia kehumasan di Kota Medan mendapati tantangan yang besar. Padahal generasi-generasi sarjana ilmu komunikasi lahir tahun ke tahun.

"Banyak perusahaan di Medan ini, tidak punya Humas. Mereka justru menyematkan jabatan Humas kepada manajernya, divisi umum bahkan ke marketing. Padahal fungsi Humas berbeda dengan posisi-posisi itu," ujar Adhlan.

Alumnus Ilmu Komunikasi UMSU ini berujar bahwa hal tersebut dilatarbelakangi persepsi posisi Humas bukan sebuah jabatan yang strategis.

"Ini juga yang penting. Perusahaan di Medan gak mau keluarin biaya untuk buat divisi Humas. Kalaupun butuh event, paling mereka ngontrak Event Organizer. Makanya kita ketinggalan dari Jakarta," jelas Adhan.

Perhumas Muda di Kota Medan saat ini beranggotakan 35 mahasiswa/i yang berasal dari kampus-kampus yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi - Hubungan Masyarakat. Di Medan sendiri, perguruan tinggi yang memiliki program studi tersebut hanya berjumlah 10 kampus.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved