TRIBUN WIKI

TRIBUN WIKI: Mengulik RRI, Radio Pertama yang Hadir di Kota Medan

Pada zaman penjajahan Radio menjadi alat komunikasi atau menyiarkan berita kemerdekaan Indonesia dari Sabang sampai Marauke.

TRIBUN WIKI: Mengulik RRI, Radio Pertama yang Hadir di Kota Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
RRI, radio pertama di Kota Medan, berada di Jalan Gatot Subroto, Medan, Jumat (14/6/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Siapa yang tak mengenal Radio, yang merupakan media komunikasi yang muncul pada era telekomunikasi.

Kemunculan Radio sebagai media komunikasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi, Jumat (14/6/2019).

Radio menjadi satu di antara media yang menyebarkan informasi melalui audio atau suara. Tak hanya itu, pada zaman penjajahan Radio menjadi alat komunikasi atau menyiarkan berita kemerdekaan Indonesia dari Sabang sampai Marauke. 

Radio yang pertama kali yang ada di Kota Medan ialah Radio Republik Indonesia. Dari Radio Sumatera (R.O.I.O) menjadi Radio Republik Indonesia. Pada saat itu penarikan tentara sekutu  dari daerah-daerah yang didudukinya di jawa dan di Sunatera berlangsung dimulai tanggal 14 Oktober 1946. 

Kemudian, kedudukan mereka akan digantikan oleh pasukan pasukan angkatan perang Belanada. Kekuasan Belanda di saat penarikan tentara-tentara sekutu, hanya terbatas Kota Medan dan beberapa sekitar Kota.

langkah langkah yang penting kejurusan memperkuat kedudukan mereka sedikit demi sedikit, dijalankannya, antara lain ialah mendirikan kembali studio demi kepentingan pasukan mereka yang berbangsa Belanda. kembali untuk kesekian kalinya studio Radio di Jalan Serdang 28 Medan dipergunakan untuk penyiaran Radio. 

adapun saat itu pemancar yang dipakai berkekuatan 150 watt dengan gelombang 41.61 meter. Beberapa waktu sebelum kela pertama, siaran-siaran percobaannya dapat ditangkap di udara. 

Mula-mula siarannya hanya berbahasa Belanda dan ditunjukan chusus untuk angkatan perang Belanda. setalah  Belanda menduduki daerah yang lebih luas di Sumatera Timur . Sebagai hasil dari gerakan yang disebutnya dengan "Politionele Actie I". 

pada tanggal 1 Juli 1947, maka didatangkannya seluruh pemancar yang berasal dari Irian, Merk Hallicrafter, type BC 610 E Buatan Fabrik Amerika yang sampai di Medan dalam bulan September 1947. 

pemancar yang baru didatangkan dengan kuatan 250 watt dan mengambil oper gelombang 41,61 meter yang dipergunakan selama ini. pemancar ini sekarang masih dipergunakan Radio Republik Indonesia Medan, dikenal dengan gelombang 89,55 meter. 

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved