Geliat Kopi Karo Kian Berkembang, Antoni Bangun Gagas Asosiasi Pelaku Kopi Karo

Antoni juga berniat menjadikan gerainya tersebut menjadi pusat informasi seputar kopi Karo.

Geliat Kopi Karo Kian Berkembang, Antoni Bangun Gagas Asosiasi Pelaku Kopi Karo
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Ketua Umum Asosiasi Pelaku Kopi Karo, Antoni Bangun saat ditemui di Cafe Wisata Juma, Jalan Letnan Rata Peranginangin, Kabanjahe, Minggu (16/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Melihat geliat dan tren minum kopi di kalangan masyarakat semakin berkembang, membuat usaha kopi kian marak.

Hal ini juga yang membuat Antoni Bangun memiliki pemikiran untuk membangun sebuah cafe kopi.

Tak hanya sekedar tempat minum kopi biasa, Antoni juga berniat menjadikan gerainya tersebut menjadi pusat informasi seputar kopi Karo.

Seperti nama gerainya yaitu Wisata Juma, Antoni juga ingin mengangkat sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Karo.

"Seperti namanya Wisata Juma yang artinya wisata kebun, kita ingin tempat ini menjadi pusat informasi seputar wisata khususnya kopi karo sendiri. Kita ketahui, potensi kopi Karo ini luar biasa, jadi supaya berkembangnya juga terarah, bisa dikombinasikan dengan wisata," ujar Antoni, Minggu (16/6/2019).

Selain itu, dirinya juga ingin mengangkat dan memfokuskan kopi Karo agar dapat melangkah lebih jauh lagi. Sebagai bentuk langkahnya, ia mengaku telah membuat suatu organisasi yang menjadi wadah bagi semua pihak yang terlibat di dalam dunia perkopian.

Pria berbaju hitam itu mengaku, mulai dari sektor hulu seperti petani, hingga hilir yang di dalamnya adalah pengusaha kopi, tergabung menjadi satu wadah.

"Beberapa minggu lalu kita juga sudah membuat asosiasi pelaku kopi Karo, jadi supaya kopi kita ini punya ciri tersendiri. Selain itu, supaya kopi Karo ini semakin dikenal di luar daerah," katanya.

Pria berkacamata ini mengatakan, melalui terbentuknya asosiasi ini mereka juga dapat langsung bersinergi dengan pemerintah, dalam hal ini adalah Dinas Pertanian. Dengan adanya dukungan dari pemerintah, tentunya tujuan mereka mengembangkan wisata melalui kopi dapat semakin mudah.

"Sehingga dari kopi ini, kita bisa mengembangkannya ke sektor wisata," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved