HASIL SURVEI TERBARU-Jokowi dan SBY Dinilai Demokratis Sementara Soeharto Dinilai Diktator

Menurut SMRC, sebanyak 75 responden menilai kondisi demokrasi Indonesia berjalan positif ke arah yang benar.

HASIL SURVEI TERBARU-Jokowi dan SBY Dinilai Demokratis Sementara Soeharto Dinilai Diktator
Kompas.com
Kolase Foto Jokowi-SBY dan Soeharto 

Jokowi dan SBY Dinilai Demokratis Sementara Soeharto Dinilai Diktator

TRIBUN-MEDAN.com - Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa masyarakat menilai arah demokrasi Indonesia selalu semakin membaik.

Dalam penelitian, responden ditanyakan pendapat mereka tentang kondisi demokrasi dalam 20 tahun terakhir.

Menurut SMRC, sebanyak 75 responden menilai kondisi demokrasi Indonesia berjalan positif ke arah yang benar.

Hanya, 15,8 persen yang menyatakan perjalanan demokrasi ke arah yang salah. Sementara, 9,2 persen responden yang mengikuti survei menyatakan tidak tahu.

"Secara umum, rakyat menilai positif. Kondisi demokrasi setelah 20 tahun berjalan ke arah yang benar," ujar peneliti SMRC Sirajuddin Abbas dalam pemaparan survei di Kantor SMRC, Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Abbas juga mengatakan dari hasil survei mereka bahwa mayoritas publik menilai, pemilihan presiden (Pilpres) pada 17 April 2019 berlangsung secara jujur dan adil.

Baca: Survei Terbaru SMRC: 14% Responden Sebut Pilpres Sangat Jujur dan Adil, Ini Detail Hasil Survei

Baca: Cekcok Rumah Tangga, Istri Benturkan Kepala Suami ke Tembok hingga Tewas

Baca: Demi Alasan Kemanusiaan, Tyson Berencana Tambah Ladang Ganja Miliknya dengan Luas 169 Hektar

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata membahas proses transisi kepemimpinan, di Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8) malam. (foto: abror/presidenri.go.id)
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata membahas proses transisi kepemimpinan, di Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8) malam. (foto: abror/presidenri.go.id) (Rumgapres/Abror)

"Secara umum, mayoritas publik menilai pemilihan anggota DPR dan pemilihan presiden berlangsung secara jujur dan adil," ujar peneliti SMRC Sirajuddin Abbas dalam pemaparan survei di Kantor SMRC, Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Dalam penelitian, responden ditanyakan seberapa jujur, adil, bebas, umum dan rahasia pemilihan presiden pada 17 April 2019.

Hasilnya, 14 persen responden menyatakan pilpres berjalan sangat jujur dan adil. Kemudian, sebanyak 55 persen responden menilai pilpres berjalan cukup jujur dan adil.

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved