Psycholaboraction Hadirkan Psikolog Bahas Serba-Serbi Stres sebagai Sumber Penyakit

Para peserta yang hadir juga diberi tips dan trik sederhana untuk mengontrol stres seperti senantiasa berpikir positif

Psycholaboraction Hadirkan Psikolog Bahas Serba-Serbi Stres sebagai Sumber Penyakit
TRIBUN MEDAN/GITA NADIA TARIGAN
Serangkaian kegiatan Psycholaboraction 2.0 di Plaza Medan Fair Jalan Gatsu Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Melihat fenomena stres yang sedang booming di era Millenials, Fakultas Psikologi Univesitas Sumatera Utara hadirkan taklshow bertema serba-serbi Stres yang dibawakan langsung oleh Psikolog dalam acara Psycholaboraction bertajuk We Share, We Care di Plaza Medan Fair Jalan Gatot Subroto Nomor 229, Kecamatan Medan Petisah, Minggu (16/6/2019).

Ketua panitia, Melva Meiliza Hutabarat, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja pemerintahan mahasiswa, dalam rangka melaksanakan pengabdian masyarakat.

"Ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Psikologi USU, Departemen pengabdian masyarakat, yang juga bekerjasama dengan pemerintahan mahasiswa, dan inilah bentuk pengabdian masyarakat," kata Melva.

Ratusan pengunjung yang hadir rela mengantri panjang untuk mendapatkan fasilitas gratis seperti Cek Kesehatan berupa gula darah, kolestrol, dan tekanan darah, selain itu para pengunjung juga berkesempatan konsultasi kesehatan dan menghadiri Sharing Seassion dan Talk Show yang dibawakan oleh Psikolog, Amalia Meautia dengan tema serba serbi stress.

Melva merasa pembahasan stres dari sudut pandang ilmu psikologi sangatlah penting diketahui masyarakat, sebab tekanan pasti dialami setiap individu setiap harinya.

"Sekarang fenomena stress ini sedang booming, kita tidak ingin masyarakat mempresepsikan stress itu sesuatu yang salah, tapi harus dipahami apa dan bagaimana dari segi psikologisnya, supaya tidak salah presepsi," katanya.

Mengambil tema serba serbi stres, Psikolog sekaligus Dosen yang sangat populer di kalangan mahasiswa Psikolog USU, Amalia Meautia memaparkan secara gamblang jenis-jenis stres yang sering dialami, penyebab hingga cara-cara mengatasinya.

Saat Talkshow berlangsung para audiens terlihat antusias memaparkan permasalah yang kerap menjadi tekanan bagi anak-anak Millenials terutama mahasiswa. Amalia menyebutkan bahwa stress adalah sumber segala penyakit.

"Stres menyumbang kematian terbesar d dunia, berbagai penyakit bisa ditimbulkan dari stres, seperti gangguan seksual, diabetes, strok, masalah pernapasan, insomnia dan masih banyak lagi," katanya.

Para peserta yang hadir juga diberi tips dan trik sederhana untuk mengontrol stres seperti senantiasa berpikir positif, melakukan Breathing Exercuse sebanyak 10 kali saat stres mulai menyerang dengan cara cara menarik nafas dengan hidung dan dikeluarkan dari mulut dengan hitungan 10 detik, selain itu peserta juga diajarkan Progresif Muscle Relaxation yakni melenturkan otot-otot yang kaku dan massage ringan di rumah seperti memijat pundak.

"Selain itu ada beberapa hal yang mampu mengelola stres dengan baik seperti rutin olahraga, melakukan aktifitas sosial, tidur yang cukup dan nyenyak, makanan yang bergizi, bersenang-senang atau liburan," katanya. 

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved