Jelang Pesta Bunga dan Buah di Karo, Dinas Pariwisata Gandeng Sejumlah Instansi

Acara yang rencananya akan digelar di Taman Mejuah-Juah, Berastagi itu, akan dihelat pada 5 hingga 7 Juli 2019 mendatang.

Jelang Pesta Bunga dan Buah di Karo, Dinas Pariwisata Gandeng Sejumlah Instansi
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Kabid Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karo, Bartholomeus Barus saat ditemui di ruangannya, Jalan Gundaling, Berastagi, Senin (17/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Karo akan kembali menggelar pesta bunga dan buah.

Menurut informasi, acara yang rencananya akan digelar di Taman Mejuah-Juah, Berastagi itu, akan dihelat pada 5 hingga 7 Juli 2019 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karo Bartholomeus Barus, mengaku pihaknya telah melakukan beberapa persiapan. Di antaranya adalah mempersiapkan lahan stand, teknis pawai.

Serta pembagian layout kegiatan, seperti di mana tempat pedagang kaki lima, tempat pameran, kampung kopi, serta tempat kuliner.

Dirinya menyebutkan, seksi kepanitiaan juga telah dibentuk menjadi dua tim. Di mana nantinya bertugas untuk mengurus teknis kegiatan pawai dan perlombaan.

"Besok kita laksanakan rapat kedua, di situ nanti kita finalisasi untuk segala bagian seksi kegiatan. Harapan kita, pelaksanaan pesta bunga dan buah ini lebih teratur," ujar Bartholomeus, saat ditemui di ruangannya, Jalan Gundaling, Berastagi, Senin (17/6/2019).

Selain mengenai teknis kegiatan, Bartholomeus mengaku pihaknya juga sudah mempersiapkan beberapa tahapan lainnya. Dirinya mengaku, pihaknya juga menggandeng instansi lainnya untuk menyukseskan acara tahunan tersebut.

Dirinya mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada Badan Jalan Nasional untuk turut melakukan persiapan di bagian jalan. Ia mengatakan, Badan Jalan Nasional nantinya memberikan bantuan dari segi pembersihan dan perbaikan jalan mulai dari Sibolangit hingga Berastagi.

"Persiapan lainnya seperti umbul-umbul, juga sudah kita pasang mulai dari seputar jalan Veteran Berastagi hingga ke kawasan Bukit Kubu," katanya.

Sebagai tahap awal, pihaknya juga telah melakukan persiapan berupa pembersihan di seputar lokasi acara. Pada tahapan tersebut, dirinya mengaku melibatkan Kecamatan serta personel dari Koramil Berastagi.

"Kita sudah melakukan pembersihan tiga kali, kalau dari infrastruktur memang masih butuh perbaikan. Ke depannya akan kita gandeng pihak lain seperti PU dan lainnya untuk membenahi fasilitas tersebut," ucapnya.

Bartholomeus mengatakan, dari tiga hari tersebut akan diisi dengan beberapa kegiatan. Dirinya menjelaskan, hari pertama pada tanggal 5 adalah sesi pembukaan yang direncanakan sekira pukul 13.30 WIB. Kemudian, hari kedua diisi dengan hiburan dan perlombaan, dan pada hari ketiga diisi dengan perlombaan dan penutupan.

Seperti informasi sebelumnya, pada kegiatan pesta bunga dan buah ini akan menonjolkan satu komoditi pertanian yang sedang naik daun, yaitu kopi. Pada acara tersebut, nantinya kopi akan diberikan satu tempat khusus yang diberi nama kampung kopi.

Di dalam kampung kopi tersebut, nantinya sekaligus dijadikan sebagai tempat edukasi bagi masyarakat dan pengunjung yang hadir di pesta bunga dan buah. Karena di sana nantinya disediakan segala bentuk informasi seputar kopi. Mulai dari proses tanam, pengolahan, hingga produksi.

(cr4/tribun-medan.com) 
 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved