Musang Lover's Binjai Selamatkan Mamalia dari Ancaman Kepunahan

Komunitas sesama pemelihara mamalia satu ini juga bertekad untuk menyelamatkan musang dari perubahan lingkungan.

Musang Lover's Binjai Selamatkan Mamalia dari Ancaman Kepunahan
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Kegiatan komunitas Musang Lovers Binjai yang kerap berkumpul di Lapangan Merdeka Binjai. Saat ini anggota MLB berjumlah lebih kurang 20 orang aktif. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Didirikan empat tahun lalu, atau tepatnya 14 Mei 2015, Musang Lover's Binjai tidak hanya bergerak sebatas komunitas saja.

Lebih dari itu, komunitas sesama pemelihara mamalia satu ini juga bertekad untuk menyelamatkan musang dari perubahan lingkungan.

Berangkat dari persepsi masyarakat bahwa musang adalah hama peternakan, MLB terketuk hatinya bagaiamana untuk memelihara musang.

"Jadi beberapa diantara kita ini, musangnya adalah hasil tangkapan warga. Yah, dari pada dibunuh, mereka berpikir mending diberikan ke kita," ujar perwakilan MLB Julianda.

Pria yang akrab disapa Nanda ini berujar, banyak alam di lingkungan Sumatera Utara banyak yang sudah terkikis. Ekosistem yang tidak seimbang, tidak jarang membuat musang lantas turun ke permukiman warga. Inilah yang membuat nasib musang berbahaya.

"Memang banyak kejadian sampai musang terpaksa makan ayam warga, tapi kembali, kenapa itu bisa terjadi, mari berpikir lah," ujar pria 23 tahun ini.

Dikatakan Nanda, mengurus musang sebenarnya tidak sulit. Sama seperti mengurus kucing. Makanya sejak awal, imbuhnya, yang bergabung rata rata datang tanpa punya musang dulu.

Setelah mendapatkan kiat kiatnya barulah mereka coba memelihara musang sendiri.

"Jadi musang ini ada stresnya juga. Paling enggak dikeluarkan dulu untuk main main satu jam sehari. Namanya jenis hewan liar ya. Manusia pun kalau dikurung terus pasti stres ya," sambung Nanda.

Untuk makanannya, Nanda menjelaskan bahwa musang dapat diberi buah buahan seperti pisang dan pepaya. Namun setiap seminggu sekali, paling tidak ada menu khusus yang diberikan

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved