Syarat Masuk Tim Pra-PON Sumut, Atlet Gulat Wajib Juara di Porprovsu 2019

Bagi para atlet lain yang belum masuk tim pelatda berpeluang promosi jika mampu meraih medali.

Syarat Masuk Tim Pra-PON Sumut, Atlet Gulat Wajib Juara di Porprovsu 2019
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Para pegulat Pengcab PGSI Kota Medan saat menjalani latihan rutin. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ajang Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019 yang digelar pada 22-29 Juni, menjadi penentu lolos tidaknya para atlet gulat untuk bisa mewakili Sumut di ajang kualifikasi PON.

Jika ingin masuk tim Sumut, para pegulat dari berbagai daerah yang berlaga di Porprovsu 2019 wajib tampil sebagai juara.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Umum Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Sumut Ahmad Rivai Parinduri kepada Tribun Medan.

"Nanti yang menang Porprovsu, kita latih. Dari juara 1-3, yang emas, perak, perunggu diseleksi lagi. Itulah yang dikirim ke Kejurnas Pra-PON yang dijadwalkan berlangsung sekitar bulan September," ujarnya, Senin (17/6/2019).

Rivai menjelaskan, meskipun saat ini sudah ada sejumlah pegulat yang tengah mengikuti pelatda awal persiapan Pra-PON, namun jika gagal di Porprovsu maka otomatis mereka akan tersingkir (terdegradasi).

Sebaliknya, bagi para atlet lain yang belum masuk tim pelatda berpeluang promosi jika mampu meraih medali.

Karena itu, Rivai mendorong agar para pegulat yang sudah masuk pelatda awal bisa mempertahankan dengan meraih juara. Sedangkan bagi atlet yang belum agar giat berlatih diwaktu tersisa agar bisa meraih medali dan merebut tempat di tim pelatda.

"Yang untuk Pra-PON itu sudah mulai pelatda berjalan. Tapi tanggal 22 Juni kan ada Porprovsu, nanti siapa yang kalah degradasi dia, yang juara naik pelatda sampai Pra-PON. Ini tetap menunggu hasil Porprov," terangnya.

Lebih lanjut terkait target di Pra-PON nanti, Rivai mengatakan Pengprov PGSI Sumut berharap atletnya mampu mendulang medali di setiap kelas yang dipertandingkan. Karena itu dia juga mengharapkan kepada para atlet agar sungguh-sungguh berlatih agar bisa meraih hasil terbaik.

"Kita melihat dulu kelas-kelas yang dipertandingkan di PraPON, belum keluar dari PB. Target kita bisa meraih medali di tiap kelas. Nanti kan mereka dipelatdakan lagi. Kan itu untuk lolos ke PON Papua juga yang dapat medali emas, perak dan perunggu hasil dari Kejurnas Pra-PON," pungkasnya.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved