News Video: Berkonsep Megah, Masjid An Nazhirin Miliki Program Rutin untuk Kaum Duafa

Masjid yang mengadopsi beberapa konsep arsitektur masjid dari wilayah Indonesia di antaranya masjid yang ada di Riau.

News Video: Berkonsep Megah, Masjid An Nazhirin Miliki Program Rutin untuk Kaum Duafa
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD ANIL RASYID
Masjid An Nazhirin yang terletak di Jalan Eka Warni Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (19/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Masjid An Nazhirin yang terletak di Jalan Eka Warni Kecamatan Medan Johor Kota Medan Sumatera Utara. Masjid ini merupakan satu di antara masjid yang konsep arsitekturnya sangat unik dan menarik.

Masjid yang mengadopsi beberapa konsep arsitektur masjid dari wilayah Indonesia di antaranya masjid yang ada di Riau, Pulau Jawa, dan beberapa masjid-masjid di Timur Tengah, Masjid An Nazhirin terlihat begitu sangat indah dan megah.

Saat dijumpai www.tribun-medan.com BKM masjid Sawal Harahap menjelaskan, masjid yang dibangun pada tahun 1974 ini digagas oleh alumni Fakultas Pertanian UISU.

"Jadi seiring dengan perkembangan pertambahan penduduk, diserahkan pengolahannya kepada masyarakat. Sejak tahun 2012 udah di rehap hingga selesai pada tahun 2018 awal sampai semegah ini," ucap Sawal, Rabu (19/6/2019).

"Ini konsepnya dari beberapa daerah dan negara lah ya. Kita punya arsitek internal sendiri," sambungnya.

Masjid yang sanggup menampung lebih kurang 1200 jamaah ini memiliki beberapa kegiatan yang diadakan oleh pihak BKM maupun remaja masjid ini sendiri. Dari mulai kegiatan harian dan mingguan.

"Kalo setiap hari kita rutin berjamaah. Kalau pengajian Sabtu sama Ahad itu rutin. Seperti hari ini, ada pengajian ibu-ibu," ucap Sawal.

Tidak hanya kegiatan-kegiatan saja yang ada di Masjid An Nazhirin, namun ada beberapa program yang rutin di jalankan oleh BKM masjid.

Seperti, program segenggam beras yang berkonsep bagi setiap keluarga yang ingin memberikan sedikit beras untuk masyarakat tidak mampu. Dan ada juga program busana layak pakai.

Hampir sama dengan program segenggam beras. Jadi, kalau ada yang mau menyumbangkan pakaian, pihak masjid menyediakan box untuk nantinya dikumpulkan dan langsung diserahkan bagi masyarakat yang tidak mampu.

"Jadi nanti ketika mau ke masjid masukan ke situ habis itu kita susun dan kita menggandeng food truck setiap ba'da Jumat. Sehingga mereka masyarakat mendapat makan gratis dan baju gratis," ungkap Sawal.

Adapun sedikit penjelasan apa itu food truck, ialah merupakan sebuah jenis usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang semua kegiatan operasionalnya meliputi penyiapan atau memasak, penyajian, dan penjualannya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar.

(cr23/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved