Perdana di Kota Medan, 75 Anak Dapat Kartu Identitas Anak (KIA), Ini Syarat Pengurusannya!

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan memberikan KIA kepada 75 orang anak di Kantor Camat Medan Barat

Perdana di Kota Medan, 75 Anak Dapat Kartu Identitas Anak (KIA), Ini Syarat Pengurusannya!
TRIBUN MEDAN/HO
Kadisdukcapil Kota Medan Zulkarnain saat memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) secara simbolis di Kantor Camat Medan Barat, Jalan Budi Pembangunan, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Rabu (19/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kecamatan Medan Barat menjadi kecamatan pertama yang mendapat layanan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Medan.

Pemko Medan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan memberikan KIA kepada 75 orang anak di Kantor Camat Medan Barat, Jalan Budi Pembangunan, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Rabu (19/6/2019).

Pemberian KIA diserahkan langsung Kadisdukcapil Kota Medan Zulkarnain didampingi Kadisdukcapil Provinsi Sumatera Utara Ismael Sinaga secara simbolis kepada lima orang anak.

"Seluruh kecamatan lainnya yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara juga akan mendapatkan layanan KIA. Medan Barat dapat menyosialisasi akan pentingnya KIA bagi anak-anak usia 0-17 tahun," ungkap Zulkarnain.

Guna mendapatkan KIA, kata Zulkarnain, para orangtua cukup membawa pas foto anak-anaknya ke kantor kecamatan setempat, sebab Disdukcapil telah menempatkan sejumlah pegawainya di seluruh kecamatan untuk membantu proses pembuatan KIA.

‘"Cukup datang ke kantor kecamatannya masing-masing dengan membawa pas foto sang anak. Namun hal itu berlaku untuk anak usia di atas 5 tahun. Sedangkan di bawah 5 tahun, cukup dengan melaporkan saja dan data diperoleh dari Kartu keluarga (KK),’’ jelasnya.

Zulkarnaian menerangkan, selain sebagai kebijakan pemerintah, KIA bertujuan untuk memudahkan anak-anak untuk mendapatkan pelayanan publik. Selain itu fungsi KIA nantinya akan diperluas melalui kerja sama dengan institusi atau lembaga tertentu yang menyelenggarakan pelayanan publik sehingga anak akan lebih mudah mendapatkan berbagai kebutuhan pelayan publik.

‘’Agar semua anak mendapatkan pelayanan yang sama. Kita menargetkan dalam jangka pendek dapat menertibkan sebanyak 100 ribu kartu KIA. Namun, kami akan berupaya sehingga hingga Desember 2019. Pemko Medan dapat menerbitkan dan memberikan 300 ribu kartu KIA,’’ terangnya.

Ia lantas mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran penuh untuk menyimpan dan menjaga kartu KIA, termasuk dokumen kependudukan lainnya sperti KTP, KK, Akte Kelahiran, Akte Nikah maupun Akte Kematian agar tidak mudah rusak maupun hilang.

(cr17/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved