Drone-nya Ditembak Jatuh, Trump Batalkan Perang Lawan Iran di Detik Terakhir

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan memberikan izin untuk melancarkan serangan ke Iran sebagai balasan drone ditembak

Drone-nya Ditembak Jatuh, Trump Batalkan Perang Lawan Iran di Detik Terakhir
Foto/Istimewa
Amerika Serikat, setelah sebelumnya membantah, akhirnya mengakui bahwa salah satu pesawat tanpa awak atau drone mereka ditembak jatuh oleh Garda Revolusi Iran. 

TRIBUN-MEDAN.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan memberikan izin untuk melancarkan serangan ke Iran sebagai balasan drone ditembak jatuh.

New York Times yang mengutip sumber pejabat anonim memberitakan, pesawat sudah diperintahkan terbang dengan kapal perang telah berada di posisi.

Dikutip The Guardian Jumat (21/6/2019), militer maupun pejabat diplomatik dilaporkan sudah berkumpul menanti kabar serangan di Gedung Putih Kamis malam (20/6/2019).

Namun berdasarkan penuturan sumber, tidak ada satu rudal pun yang ditembakkan karena presiden 73 tahun itu memutuskan membatalkannya di detik terakhir.

Di antara target yang hendak diserang AS, terdapat sistem pertahanan rudal dari darat ke udara S-125 Neva/Pechora. 

Sistem buatan Uni Soviet yang dikenal juga dengan kode NATO SA-3 Goa.

Senjata itu diyakini yang telah menjatuhkan drone pengintai RQ-4A Global Hawk yang diklaim oleh pasukan Garda Revolusi Iran pada Rabu waktu setempat (19/6/2019).

Meski, lanjut sumber seperti dikutip Newsweek, Teheran membantah dan mengklaim menggunakan sistem peluncur dan radar Khordad, varian dari sistem rudal Raad.

Trump sebelumnya nampak tenang dengan menyatakan drone Global Hawk mereka dijatuhkan oleh seorang perwira Iran yang "bodoh dan merepotkan" tanpa persetujuan pusat.

"Kami tidak mempunyai pria dan perempuan di drone. Itu perbedaan utamanya," kata Trump seraya menuturkan "kalian akan lihat" saat ditanyakan bagaimana responnya.

Halaman
123
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved