Petani Kopi di Dairi Senang, Pemerintah Hadirkan Alat Deteksi Tanah dan Cuaca Pantau Tanaman

Alat tersebut mampu mendeteksi, mengukur, serta mencatat data secara akurat tentang kondisi cuaca pertanian dan tanah pertanian.

Petani Kopi di Dairi Senang, Pemerintah Hadirkan Alat Deteksi Tanah dan Cuaca Pantau Tanaman
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Seorang warga (berdiri) bertanya kepada tim Kemenkominfo RI seputar alat deteksi tanah dan cuaca yang hendak dipasang hari itu di Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Senin (24/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Untuk meningkatkan mutu hasil pertanian kopi di Kabupaten Dairi, tim dari Kemenkominfo RI datang ke Dairi guna memasang satu unit alat deteksi tanah dan cuaca miliknya, Senin (24/6/2019).

Untuk tahap awal, alat dipasang di sebidang lahan pertanian di Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi.

Alat ini dapat mendeteksi suhu, kelembapan tanah, pH (tingkat keasaman) tanah, EC (electrical conductivity) tanah, kelembapan relatif udara, suhu udara, kecepatan dan arah angin, serta curah hujan untuk menentukan perlakuan yang tepat pada lahan.

Kasubbag Humas Pemkab Dairi, Desman Sihotang mengatakan, alat tersebut mampu mendeteksi, mengukur, serta mencatat data secara akurat tentang kondisi cuaca pertanian dan tanah pertanian.

Hasil deteksi dapat dilihat melalui aplikasi RiTx Bertani secara real time oleh pengguna ponsel pintar.

"Aplikasi RiTx Bertani bisa didapat di PlayStore. Alat ini memantau perlakuan terhadap lahan sekaligus memberikan prediksi cuaca selama lima hari ke depan," terang Desman.

"Jadi, petani tak perlu lagi mereka-reka bagaimana kondisi tanahnya. Cukup buka aplikasi RiTx, lalu cari lokasi lahan yang ingin diketahui kondisinya," tambahnya.

Desman menerangkan, pemasangan alat ini selaras dengan program Bupati Dairi Eddy Berutu yang ingin mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang.

Lewat alat ini, sambungnya, petani menjadi tahu kondisi lahan pertanian kopinya, sehingga dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk membuat tanaman kopinya tetap dalam kondisi prima.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved