422 Peserta Ikuti Ujian Calon Praja IPDN Hari Kedua

English Nainggolan, mengatakan, hari ini, Selasa (25/6/2019) merupakan hari kedua pelaksanaan seleksi penerimaan calon praja IPDN tersebut.

422 Peserta Ikuti Ujian Calon Praja IPDN Hari Kedua
TRIBUN MEDAN/AYU PRASANDI
Para peserta mengikuti ujian┬áComputer Asissted Test (CAT) calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dari Sumatera Utara (Sumut), di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Medan, Selasa (25/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - 422 peserta mengikuti ujian Computer Asissted Test(CAT) calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dari Sumatera Utara (Sumut), di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Medan, Selasa (25/6/2019).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Medan, English Nainggolan, mengatakan, hari ini, Selasa (25/6/2019) merupakan hari kedua pelaksanaan seleksi penerimaan calon praja IPDN tersebut.

“Untuk hari kedua ini yang mengikuti ujian sebanyak 422 peserta yang pelaksanaan ujiannya dibagi menjadi lima sesi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dari jumlah tersebut, sebanyak 40 orang memenuhi nilai ambang batas yang artinya 9,48 persen dari total keseluruhan peserta hadir. 

“Presentase tersebut naik sebesar 0.86 persen dari hari sebelumnya yaitu, Senin (24/6/2019) yang hanya mencapai 8.62 persen,” jelasnya.

Ia menuturkan, di hari kedua ujian tersebut, nilai tertinggi yang didapatkan peserta atas nama siswa Melati Harahap, asal Rantau Prapat yang mendapatkan nilai sebesar 465 poin yang artinya nyaris memenuhi nilai sempurna dari nilai 500 poin.

“Pada pelaksanaan ujian pertama kemarin, dari 429 peserta yang ikut ujian, hanya 37 orang yang memenuhi passing grade,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pada seleksi ujian calon Praja IPDN dari Sumut tersebut, ada sebanyak 2.673 orang peserta yang mendaftar untuk mengikuti ujian tersebut.

“Jumlah peserta setiap sesi yaitu 95 orang, tetapi pada kenyataannya ada peserta yang tidak hadir. Jadi dari jumlah peserta yang mendaftar, ada peserta yang tidak hadir untuk mengikuti ujian,” ungkapnya.

Ia menerangkan, ujian calon Praja IPDN tersebut dimulai tanggal 24 Juni dan akan terus berlangsung hingga tanggal 29 Juni mendatang.

“Ujian CAT BKN menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung tanpa perlu menunggu lama. Nilai hasil ujian akan langsung keluar setelah selesai mengikuti ujian,” terangnya.

Ia mengatakan, hasil ujian dengan CAT BKN dapat dipertanggungjawabkan. Aksi peserta pada setiap soal termonitor dalam sistem yang memudahkan dalam audit jika terjadi hal tak terduga selama ujian berlangsung.

“Proses ujian dengan CAT BKN dapat dipantau oleh semua pihak. Pergerakan nilai dari awal pengerjaan sampai dengan selesai dapat diikuti dan jawaban peserta dapat dilacak,” katanya.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved