Pekan Depan, Krimsus Limpahkan Dua Tersangka Korupsi Perjalanan Fiktif DPRD Tapteng ke JPU

Ia mengatakan kalau tidak ada halangan pihaknya akan mengantar dua tersangka ke JPU.

Pekan Depan, Krimsus Limpahkan Dua Tersangka Korupsi Perjalanan Fiktif DPRD Tapteng ke JPU
Tribun Medan
DirKrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - DitKrimsus Polda Sumut akan mengantarkan dua tersangka kasus perjalanan dinas fiktif DPRD Tapteng pada tahun 2016 dan 2017.

Seperti yang dikatakan DirKrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana, Selasa (25/6/2019).

Ia mengatakan kalau tidak ada halangan pihaknya akan mengantar dua tersangka ke JPU.

Kedua tersangka itu, masing-masing, Sintong Gultom dan Sideli Zendato. "Untuk dua orang ini, sudah P21 dan P22 tahap dua dan insya Allah kalau tidak ada halangan dan kendala akan kita kirim ke JPU Minggu depan,"terangnya.

Sedangkan keempat orang yang sudah duluan dilimpahkan ke JPU yaitu, Awaluddin Rao, Jonias Silaban, Hariono Nainggolan, dan Julianus Simanungkalit.

"Keempat tersangka ini sudah P21 dan P22 atau sudah tahap dua,"katanya, Selasa (25/6/2019).

Rony mengaku ada 7 tersangka dalam kasus perjalanan fiktif DPRD Tapteng tahun anggaran 2016 sampai 2017. "Dari tujuh tersangka itu, ada satu yang masih DPO yaitu
Unedo Martin Lumbantobing,"terangnya.

Seperti Diketahui, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan penyidik telah menetapkan lima tersangka kasus dugaan penyimpangan perjalanan dinas DPRD Kabupaten Tapteng TA 2016 dan 2017, yakni Awaluddin Rao, Jonias Silaban, Hariono Nainggolan, Julianus Simanungkalit dan Sintong Gultom.

Namun, Sintong Gultom dan Sideli Zendrato belum diserahkan ke pihak kejaksaan, meski berkas keduanya telah dinyatakan lengkap (P21).

"Secepatnya tersangka Sintong Gultom dan Sideli Zendrato kita limpahkan ke pihak kejaksaan. Berkas keduanya memang sudah dinyatakan lengkap," kata Nainggolan.

Saat ini, tegas Nainggolan, pihaknya tengah menyelidiki dan memburu keberadaan Unedo Martin Lumbantobing.

Sebelumnya, penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut telah menetapkan lima tersangka dugaan kasus korupsi perjalanan dinas fiktif anggota DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) tahun anggaran 2016 - 2017 bernilai Rp655 juta. Berkas kelima tersangka itupun telah dilimpahlan ke Kejaksaan Tinggi Sumut

Kelima tersangka itu Sintong Gultom, Awaluddin Rao, Hariono Nainggolan, Jalianus Simanungkalit, dan Jonias Silaban. Sintong Gultom sempat DPO dan ditangkap di Kalimantan Utara.

(akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved