Pendaftar PPDB Jalur Zonasi di Sumut Capai 153.416 Siswa

Dari 153.416 pendaftar tersebut, sebanyak 150.639 sudah terverifikasi dari 699 sekolah penyelenggara.

Pendaftar PPDB Jalur Zonasi di Sumut Capai 153.416 Siswa
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Puluhan siswa mengikuti ujian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, di SMA Negeri 2 Medan, Senin (17/6/2019). Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut menerapkan pelaksanaan PPDB tahun 2019 dengan sistem online dan sistem zonasi untuk mutu pendidikan serta mendekatkan satuan pendidikan dengan tempat tinggal peserta didik. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Hingga Selasa (25/6/2019) pukul 18.31 WIB, jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi untuk tingkat SMA Negeri dan SMK Negeri di Sumatera Utara (Sumut) mencapai 153.416 orang pendaftar.

Plt Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, Ruslan, mengatakan, Dari 153.416 pendaftar tersebut, sebanyak 150.639 sudah terverifikasi dari 699 sekolah penyelenggara.

"Daya tampung untuk PPDB jalur zonasi di Sumut sebesar 153.138 dan saat ini sudah terverifikasi sebesar 150.639 peserta," ujarnya.

Ia menjelaskan, sejak tanggal 19 Juni sampai dengam 25 Juni, pendaftaran dan verifikasi berkas calon peserta didik untuk jalur zonasi sudah dibuka.

"Pengumuman untuk jalur zonasi ini akan dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 29 Juni 2019 mendatang," jelasnya.

Ia menerangkan, pendaftaran ujian masuk SMA Negeri dan SMK Negeri melali PPDB jalur zonasidiubah pendaftaran menjadi melalui sekolah. Hal tersebut karena banyaknya peserta yang mengalami kegagalan pendaftaran jalur zonasi melalui online.

“Kita sudah mengimbau kepada seluruh calon peserta didik agar menyerahkan berkas pendaftaran ke sekolah pilihan pertama. Untuk kelancaran pendaftaran, jadwal akan dibagi menurut wilayah kerja cabang dinas pendidikan,” terangnya.

Ia menuturkan, imbauan tersebut juga sudah disampaikan dinas pendidikan melalui website https://ppdb.disdik. sumutprov.go.id/web/dan di website tersebut juga lengkap jadwal pendaftaran serta informasi lain mengenai PPDB.

“Peserta didik bisa mengakses informasi terkini tentang PPDB melalui website tersebut,” tuturnya.

Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) hingga kini juga masih menunggu terkait revisi PPDB dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait menambah kuota PPDB menjadi paling banyak 15 persen dari kuota jalur prestasi yang semula paling banyak 5 persen.

Selain jalur prestasi, penyesuaian juga dilakukan pada jalur zonasi yang semula paling sedikit 90 persen dari daya tampung sekolah, diperbarui menjadi paling sedikit 80 persen. Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua tetap sama, yakni paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah.

Revisi aturan PPDB tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Terbitnya SE ini, sekaligus mengganti Permendikbud 51/2018 menjadi Permendikbud Nomor 20/2019.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved