Ramai-ramai Pengusaha Hotel dan Restoran di Sumut Urus Izin Usaha

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara ingin agar para anggotanya tertib dalam perizinan.

Ramai-ramai Pengusaha Hotel dan Restoran di Sumut Urus Izin Usaha
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Medan Qamarul Fattah dan Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana saat konferensi pers beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com-Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara ingin agar para anggotanya tertib dalam perizinan.

Untuk itu PHRI Sumut meminta pendampingan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan dalam hal pengurusan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submision (OSS). Kegiatan ini akan digelar di Garuda Plaza Hotel, Jumat (28/6/2019).

Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana mengatakan kegiatan ini dilakukan mengingat banyaknya member PHRI yang mengeluhkan tentang sistem Online Single Submision (OSS) ini.

"Jadi PHRI Sumut meminta kepada dinas terkait untuk melakukan pendampingan dalam pemuktahiran data perizinan dan siapa tahu ada yang masih akan melakukan pendaftaran," ujarnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Medan Qamarul Fattah menyebutkan OSS adalah sebuah sistem atau aplikasi yang mempermudah masyarakat dalam proses perizinan. OSS ini berlaku di seluruh Indonesia.

"Dalam proses perizinan dengan OSS para pelaku usaha diharapkan bisa mendaftar secara mandiri. Pada sistem ini sudah ada panduan bagi para pengusaha menginput datanya dan pada saat itu juga izin usahanya bisa keluar," ujarnya.

Izin usaha yang dikeluarkan oleh sistem ini dianggap belum aktif dan harus melengkapi beberapa komitmen. Tugas DPMPTSP adalah melakukan verifikasi terhadap izin tersebut.

"Misalnya untuk hotel harus ada IMB, izin lingkungan. Saya rasa rata-rata hotel di Medan ini sudah punya itu. Artinya tidak sulit lagi. Apalagi kedepannya sistem ini semuanya akan teringrasi, jika usaha baru harus mendaftar melalui OSS, sementara usaha lama disarankan untuk melakukan pemutakhiran data secara online," jelasnya

Ia mengatakan pada bulan April DPMPTSP Kota Medan juga sudah diajak oleh PHRI untuk melakukan sosialisasi mengenai sistem OSS ini.

"Memang para pelaku usaha ini sudah mencoba sistem ini namun ada beberapa kendala. Dari tanya jawab saat itu PHRI Sumut berinisiatif untuk melakukan pendampingan dalam mendaftarkan izin dengan sistem OSS," jelasnya

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved