Terkesima Lihat Dafa, Yuk Intip Si Bocah Kalkulator asal Marelan

Bahkan pamggilan bocah kalkulator tampaknya layak disematkan pada si cilik kelahiran 12 Agustus 2008 lalu ini.

Terkesima Lihat Dafa, Yuk Intip Si Bocah Kalkulator asal Marelan
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Dafa Dwi Andika saat menunjukkan piala yang ia peroleh dari hasil kompetisi yang ia ikuti selama tiga tahun terakhir, Rabu (26/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dafa Dwi Andika bisa dikatakan sebagai siswa sekolah dasar yang langka ditemui saat ini.

Siswa Kelas 5 di salahsatu perguruan swasta di Jalan KL Yos Sudarso Medan ini mahir berhitung. Bahkan pamggilan bocah kalkulator tampaknya layak disematkan pada si cilik kelahiran 12 Agustus 2008 lalu ini.

Anak dari pasangan Fajaruddin dan Evawati ini tampak malu-malu saat diminta menunjukkan aksinya dihadapan awak Tribun Medan kala berkunjung ke rumahnya yang berlokasi di Jalan Marelan Raya, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Rabu (26/6/2019) siang.

"Belajar kayak biasa aja. Les sempoa di Victory. Pengin jadi guru sempoa cita-citanya," ujarnya yang tampak malu-malu, meski beberapa kali diminta Evawati menjawab secara jelas.

Dikatakan Evawaty, sejak kecil Dafa sudah menunjukkan perbedaan dibanding anak seusianya saat berumur 3 tahun. Di usia balita itu, Dafa bahkan sudah bisa membaca dan menghitung meski dengan satuan yang terkecil.

Momentum itupun dimanfaatkan Evawaty bersama sang suami untuk merangsang pertumbuhan Dafa dengan mencukupi gizi yang seimbang. Apalagi pekerjaan orangtua dafa yang berjualan di grosir pinggir jalan diduga menjadi perangsang tambahan Dafa menjadi jago berhitung.

"Kemudian saat dia beranjak ke kelas 3 SD, kami coba les kan dia di Victory. Di rumah pun kalau sempat saya minta belajar mengulang materi sempoa-nya," kata wanita asal Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai ini.

Evawaty pun kemudian mengaku cukup kaget, anak keduanya itu dengan mudah mampu melumat soal-soal yang coba ia berikan di rumah. Dafa sanggup menjawab hitung-hitungan dasar mulai dari tambah, kurang, bagi, kali dengan jumlah berdigit-digit.

"Sebenarnya ini teknik dasar, lantaran usia Dafa kan jenjang pelajarannya juga matematikanya masih dasar, hanya saja, angka-angka yang ditanyakan aja sampai berdigit-digit. Sampai kali-kali yang pakai koma-koma,"ujar Evawaty menggeleng-gelengkan kepalanya.

Teranyar, Dafa meraih Juara 3 Nasional Sempoa Tigkat Advance yang berlangsung di Semarang. 22 Juni 2019 lalu. Selain itu prestasi lainnya juga ditorehkan bocah youtube ini dengan mengoleksi juara sempoa berturut-turut tingkat Kota Medan selama tiga tahun, Juara 2 Ntional Best Of The Best Student 2017 di Bali, Dipilih mengikuti lomba sempoa di Thailand dan berbagai prestasi luar biasa lainnya.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved