TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Menilik Sejarah Terminal Terpadu Pinang Baris Medan

Terminal ini dipergunakan pada 14 Oktober 1993 yang diresmikan Gubernur Sumatera Utara, Raja Inal Siregar.

TRIBUNWIKI: Menilik Sejarah Terminal Terpadu Pinang Baris Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Suasana Terminal Terpadu Pinang Baris di Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan, Rabu (26/6/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Di Kota Medan memiliki terminal bis dengan type A dan Terminal besar. Pertama merupakan Terminal Terpadu Amplas dan kedua Terminal Terpadu Pinang Baris, hari Rabu (26/6/2019).

Dalam sejarahnya Terminal Terpadu Pinang Baris atau sering disingkat menjadi TTPB, merupakan salah satu dari 2 terminal terpadu perhubungan darat di Kota Medan.

Terminal ini dipergunakan pada 14 Oktober 1993 yang diresmikan Gubernur Sumatera Utara, Raja Inal Siregar.

Terminal ini khusus menampung bus-bus antar provinsi dan dalam provinsi yang masuk ke Kota Medan dari sebelah barat dalam hal ini terutama bus-bus dari NAD.

Terminal ini terletak di Kecamatan Medan Sunggal yang merupakan pintu masuk Kota Medan dari sebelah Terminal Pinang Baris, memang menjadi pusat transportasi terbesar di Kota Medan.

Terminal yang menjadi ciri khas Kota Medan ini memang begitu di kenal oleh warga sekitar Medan. Siapa warga Medan yang tidak kenal atau tidak pernah pergi ke terminal ini? Bahkan tidak hanya warga Medan saja, warga sekitar Binjai, Langkat, dan Aceh pun tak asing dengan terminal satu ini.

Terminal yang memiliki lokasi strategis dan selalu ramai pengunjung, apa lagi waktu-waktu akhir pekan. Akan tetapi kebersihan di terminal cukup lumayan terjaga baik oleh Dinas Perhubungan.

Namun, untuk keteraturan, kenyamanan, bus-bus yang parkir disini pun relatif sangat lengkap, baik itu bus antar kota, bus antar provinsi, terutama bus-bus yang berasal dari Aceh. Tempat parkir yang berada di terminal ini pun juga luas sekali, keamanan juga tetap terjaga.

Untuk setiap harinya terminal ini beroperasional setiap hari selama 24 jam. Kemudian, pihak terminal juga memberi fasilitas sperti toilet dan akses tempat beribadah umat muslim.

Tak hanya itu, terminal ini juga dekat dengan pusat kota dan hotel-hotel mewah di Kota Medan.

Begitu juga tempat- tempat kuliner yang enak di Kota Medan.

(cr22/Tribun-medan.com)

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved