Keluhkan Perjanjian Militer AS - Jepang dan Jalur Perkapalan, Trump Wanti-wanti Perang Dunia Ke-3

Donald Trump mengatakan Jepang tidak akan memberikan bantuan jika saja negaranya mendapat serangan.

Keluhkan Perjanjian Militer AS - Jepang dan Jalur Perkapalan, Trump Wanti-wanti Perang Dunia Ke-3
cnbc.com
Presiden AS, Donald Trump 

TRIBUN-MEDAN.COM -  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan Jepang tidak akan memberikan bantuan jika saja negaranya mendapat serangan.

Dalam pembicaraan telepon seperti dikutip Fox News via The Independent Rabu (26/6/2019), Trump mengatakan jika Jepang diseranh maka mereka bakal membantunya.

"Jika Jepang diserang, kami bakal memulai Perang Dunia III. Kami akan membantu mereka bersama sekutu kami. Kami bakal bertempur habis-habisan," tuturnya.

Namun menurut Trump, akan berbeda jika AS yang mendapat serangan.

"Jepang tidak berkewajiban untuk membantu kami. Mereka mungkin menonton dari televisi Sony," ujarnya.

Pernyataan presiden asal Partai Republik itu merupakan sikap terbaru atas serangkaian keluhan Trump terkait dengan perjanjian militer dengan Jepang.

Pada Selasa (25/6/2019), dia menyerukan kepada setiap negara yang sangat bergantung kepada keberadaan AS di Timur Tengah. Terutama Jepang dan China.

"Mengapa kami selama ini melindungi jalur perkapalan bagi negara lain selama bertahun-tahun tanpa menerima satu kompensasi pun," kritik Trump.

Pemberitaan yang muncul menyatakan Trump mempertimbangkan untuk menarik diri dari perjanjian pertahanan dengan Jepang yang sudah berlangsung 60 tahun terakhir.

Tiga sumber kepada Bloomberg menerangkan, inti dari perjanjian tersebut adalah Washington bakal terjun memberi bantuan jika Jepang mendapat serangan.

Halaman
123
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved