Porprov Sumut 2019, Medan Kembali Pertahankan Juara Umum Cabor Tinju

Prestasi ini sekaligus membuat Medan mempertahankan gelar juara yang sebelumnya juga diraih pad porprovsu 2014.

Porprov Sumut 2019, Medan Kembali Pertahankan Juara Umum Cabor Tinju
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Ketua Umum KONI Medan, Eddy H Sibarani berfoto bersama kontingen tinju Medan usai pertandingan, Kamis malam 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kota Medan kembali sukses  merebut juara umum untuk cabor tinju pada Porprov Sumut 2019 yang tuntas digelar di Gelanggang Remaja, Medan, Kamis malam (27/6/2019).

Prestasi ini sekaligus membuat Medan mempertahankan gelar juara yang sebelumnya juga diraih pad porprovsu 2014.

Tambahan dua emas dihari terakhir, menambah koleksi medali kota Medan, jadi 4 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Posisi kedua ditempati Tapanuli Utara dengan torehan 3 emas dan 1 perunggu. Asahan amankan tempat ketiga dengan meraih 2 emas, 1 perak dan 4 perunggu.

Raihan emas Medan dipersembahkan dari kategori putra lewat Daniel Pasaribu di kelas 81 kg yang menang TKO dari Abdul Hamid Siregar (Labusel). Di elas 64 kg, Rahman Husein (Medan) menang angka dari Denais Natanel (Tebingtinggi). Untuk Kategori putri, Mutiara Putri Suliva kelas 54 kg putri yang menang WO, serta kelas 51 kg, Lutfi Lisandri menang angka dari lawannya Amelia Ramadhani (Batu Bara),

Namun Emas gagal diraih petinju putri Medan, Cindi Khairani Lubis yang kalah angka dari lawannya, Elda Dara Sirait (Langkat). Begitu pula kelas 48 kg, Murni Ayu Lestari (Medan) kalah angka dari petinju Samosir, Elviarni Sijabat. Kategori putra, kelas 69 kg, Kahfi Ichwan Batubara (Medan) harus mengakui ketangguhan yang kalah TKO dari Saroha Tua Lumban Tobing (Taput).

Ketua Pengprov Pertina Sumut, Romein Manalumengatakan, hasil Porprovsu ini selanjutnya pihaknya menyiapkan petinju untuk tampil di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera di Bengkulu, November mendatang. Romein bertekad kembalikan masa kejayaan tinju di Sumut. "Kami akan langsung melakukan TC yang akan dimulai Juli untuk kesiapan Porwil. Kita akan kembalikan kejayaan tinju di Sumatera Utara," harapnya.

Sedangkan Ketua Pertina Kota Medan, Sabam Manalu mengatakan, prestasi yang ditorehkan para atletnya menunjukkan jika prestasi tinju di Sumut masih didominasi Medan. "Hasil ini sebagai bukti bahwa tinju Medan masih yang terbaik dibandingkan daerah lain," bangga Sabam.

Dirinya pun mengaku bangga dan harapkan para atlet peraih medali di Porprovsu ini melaju tampil ini PON 2020 Papua mendatang. Sabam pun menyiapkan bonus bagi atlet peraih medali diajang ini. "Harapan kami, para juara dan peraih medali lainnya ini lolos ke PON. Saya akan siapkan bonus sebagai bentuk penghargaan dan motivasi," pungkasnya.

Turut hadir pada prosesi pengalungan medali, Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, Kadispora  Sumut, Baharuddin Siagian, dan Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved